Hajar Aswad batu meteor? Hoax!

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

You may also like...

19 Responses

  1. Nasrul says:

    “…pada 9 januari 1704 melalui jatuh nya sebuah meteor yang cukup besar berukuran 10 meter yang sangat kaya dengan besi.” QURAN: “…Dan Kami turunkan (anzalna) besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.”

    • Nasrul says:

      QS Al-Hadiid 25…

    • mboh seng bener seng endi

    • Krisna says:

      Kan direnovasinya Ka’bah yg mana hajar aswad ditempatkan jauh sebelum itu tanggalnya. dibaca gak sih? makanya yg jatuh taun 1704 itu tidak bisa dikaitkan karena umur jatuhnya terhitung baru dibanding tanggal ditempatkannya hajar aswad yg tercatat dalam sejarah, yakni renovasi oleh Nabi Ibrahim AS – Ismail AS, yaitu 3500 taun sebelumnya. kalo baca yg komflit tong

  2. Lintang ipa says:

    Sungguh HOAX YANG NYATA,
    pertama, sumbernya gak jelas,
    dari ensiklopedia amerikana, tak disebut edisi dan tanggal terbitnya,
    15 universitas tak ditulis dan waktu penelitian tak dicantumkan, serta situs website resmi tak ada.

    KEDUA,
    kata2yang dipakai sungguh tak ilmiah,

    bagi orang awam, akan mudah tertipu,
    tapi bagi orang yang mengerti ilmu sains, akan langsung menganggap itu pembodohan.

    semua planet ditata surya lain berotasi, merkurius venus dll.
    padahal disana tak ada seorangpun yg tawaf dan tak ada hajar aswad,

    tak ada satupun ilmuwan yang mendukung teori aneh bin ajaib ini.
    Mungkin Hoax itu mencatut nama ilmuwan,
    tapi itu bohong,
    cuma catat nama aja, padahal ilmuwannya gak tahu menahu,
    dan HOAX tak berani memberi link url menuju situs ilmuwan tersebut.

    Karena ciri2 HOAX adalah tak memiliki referensi asli,
    tak menyebut sumber yang bisa di tanyai tentang kebenarannya.

    Dan anggapan hajar aswad 23.000x kadar logamnya dari baja yg ada,
    sungguh gak masuk akal,
    karena baja itu sendiri adalah logam,
    kadar logam dalam baja hampir 100%
    jadi kalau ada yang 23.000x lebih banyak kadar logamnya dari baja= hampir 2.300.000% logam

    lah unsur penyusun hanya sampai 100%
    gak mungkin sampai jutaan

    kadar = jumlah yang menyusun.
    dan bukan jumlah keseluruhan.
    kadar dinyatakan dalam %maupun pecahan.
    dan jumlah yang menyusun maksimal sampai 100%

    pernyataannya sama dengan,

    benda “XYZ” punya kadar pasir 23.000x lebih banyak dari gurun yang ada.

    Lah gurun itu hampir semuanya pasir (hampir 100% pasir)
    MANA ADA YANG KADAR PASIRNYA 23.000 X GURUN??

    KALAU BICARA KADAR, YA GAK MUNGKIN,
    KARENA KADAR HANYA SAMPAI 100%
    jika bicara jumlah,
    mungkin ada.

    TAPI DI HOAX MEMBAHAS KADAR,
    KADAR LOGAM YANG TAK MASUK DI AKAL.

    INGAT BAJA ITU LOGAM
    TAK ADA SATUPUN BENDA YG PUNYA KADAR LOGAM 23.000X BAJA.

    SAMA SEPERTI TAK ADA SATUPUN BENDA DENGAN KADAR PASIR 23.000X GURUN YG ADA

    JADI PINTAR2LAH MENYARING BERITA DARI DUNIA MAYA,
    KARENA BANYAK YANG CUMA REKAYASA DAN TIPUAN BELAKA

    • aku says:

      itu kan pemikiran manusia mungkin juga logika kita g sampai . kalau manusia berketuhanan pasti percaya dan yakin hajar aswad ada;ah batu syurga :) . kalau kita cuma mengira ngira menurut pendapat kita ya percuma .kalau ingin meneliti yang langsung aj ke TKP jangan cari referensi dari sana sini . sma aja kopi paste pendapat orang . kalau sya sih manusia biasa yang tidak mengerti tentang ilmu sains . sya hanya bisa ikut ikutan dan meyakini ap yang menjadi keyakinan sya . asalkan g ikut ikutan ap kata orang :) 

    • Memed says:

      Sebagian orang memang percaya dengan apa yang mereka mau percayai. Biarinin aja lah mas dari pada jadi orang kritis-kritis lalu dibakar masa. 

  3. akhyari says:

    istigfar jangan memecah belah umat kembali ke alquran dan Hadist jika kita selaku orang muslim wajib perpercayai kelak perkatan kita akan di mintak pertanggung jawaban

  4. Ulet Giatno says:

    Hajar Aswad itu Batu dari Surga bukan batu Meteor. setuju dengan cross check anda.

  5. bakpia jogja says:

    semoga pemikiran anda membuka pikiran orang2 yg kaku pemikirannya hehehe

  6. randy says:

    Berteori, pendekatan, imho sah2 saja, asal metodenya bener. Dan untuk itu sbg dasar jelas perlu acuan/referensi yg akurat utk ditelaah. Akal memang bkn segala-galanya, namun bkn tdk ada artinya Tuhan menaruhnya di dalam kepala kita. Sebisanya kita gunakanlah akal (sehat) kita dalam mengolah semua info yg masuk, supaya kita tdk terlalu gampang mengiyakan begitu saja setiap hal yg kita lihat/dengar. Maaf kalau ada yg salah.. :)

  7. teny says:

    sungguh, Al-Quran adalah sumber dari segala ilmu pengetahuan yang ada di Dunia. di Al-Quran pun pasti ada penjelasan tentang Hajar Aswad. dan Allah pun tidak memerlukan logika manusia untuk memikirkan kenapa segala sesuatu bisa terjadi, misalnya kenapa jantung kita berdetak, kenapa otak kita berpikir, tentu semua itu adalah Kuasa ALLAH SWT, dan hanya DZAT NYA yang memiliki itu semua. hal-hal yang ga masuk logika pun kita harus IMANI.

  8. hsgt says:

    Rasulullah SAW bersabda, “Hajar Aswad itu diturunkan dari surga, warnanya lebih putih daripada susu, dan dosa-dosa anak cucu Adamlah yang menjadikannya hitam. ( Jami al-Tirmidzi al-Hajj (877) )

    Bila ingin Tau rahasia Alam semesta ini Kajilah Al Quran..bkn hnya di bca..

  9. rian says:

    Saya jadi heran yang HOAX ini siapa ya???
    apa benar batu tersebut batu meteor? jika Admin menanyakan kepada umat muslim pasti jawabannya Batu Hajar Aswad bukan batu meteor melainkan Batu dari Surga.
    muslim mana yang mengatakan Batu tersebut adalah meteor??? sudahkah baca Al-Quran dan Assunnah?
    -Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hajar aswad turun dari surga padahal batu tersebut begitu putih lebih putih daripada susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut menjadi hitam”. ( HR. Tirmidzi no. 877. Shahih menurut Syaikh Al Albani)

  10. WISE MUSLIM says:

    pengetahuan kita belum cukup untuk membongkar rahasia allah..jadi kita harus menerima setiap kritik yang ada dengan ikhlas..berpikirlah sebagai orang yang berpendidikan berpikirlah sebagai muslim, beberapa bukti ke kuasaan allah sudah ada beberapa yang terbongkar, jadi kalau ada yang belum kebongkar harap bersabar insyallah pasti kebuka semuanya ada saatnya :) bagi yang bukan muslim kalau kalian pengen mengetahui “apa itu islam” buka kitab suci alquran pahami dan pelajarin kalian akan menemukan semuanya disana jawaban yang kalian ingin cari , seperti kata orang bijak jangan menilai dari luar , bukan? terima kasih :)

  11. eki sumbawa says:

    Yang saya tau cuman 1…hajar aswat itu batu dari surga jd bukan sembarang batu … Batu yang pertama kali ada di bumi…Al-Qur’an sudah jelas membahas tentang kebenarannya dr ribuan tahun dan baru sekarang di buktikan kebenarannya itu…jd jngan asal bicara kalo tidak tau ilmunya nanti jadi sesat dan mempermalukan diri sendiri…ilmu pasti jangan di kotak katik maupun di rubah lagi karna sudah jelas 1+1=2 itupun ada rumusnya…

  12. damar murup kanginan says:

    saya lebih suka mengingat sejarah dulu di indonesia ada gunung krakatau yang meletus menggetarkan dunia. saya kira batu hajar aswad itu berasal dari letusan krakatau. dan cerita burung ababil (abg labil) itu hoax adanya. karena tidak ditemukan spesies burung tersebut di spesies unggas. al-quran penuh teka teki. kita tidak bisa langsung memakan mentah. seperti halnya kalau kita ingin makan kita harus memasaknya terlebih dahulu. dan masakan orang beda bentuknya dan beda rasanya dengan bahan yang sama. satu hal yang harus diingat itu kuasa tuhan. rahayu.

  1. 03/10/2013

    bep hong ngoai

    Hajar Aswad batu meteor? Hoax! | Kafe Astronomi.com

  2. 03/11/2013

    […] bahwa Hajar Aswad bukanlah batu meteor. Kutipan tulisan Pak Ma’rufin Sudibyo bisa dilihat di http://kafeastronomi.com/hajar-aswad-batu-meteor-hoax.html Kesimpulannya Hajar Aswad sebagai batu meteorit adalah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>