Gerhana Bulan Sebagian 4 Juni 2012

Selang setelah 14 hari berlalu gerhana matahari terjadi di indonesia bagian timur kini seluruh kawasan di indonesia akan menyaksikan fenomena gerhana kembali yaitu Gerhana Bulan Sebagian(GBS). Gerhana Bulan Sebagian yang akan terjadi di indonesia akan dapat kita amati bersama meski di beberapa wilayah indonesia ada yg hanya dapat mengamati GBS secara parsial dan full GBS. Gerhana bulan sebagian akan terjadi di seluruh kawasan indonesia mulai dari sabang sampe merauke. Gerhana Bulan Sebagian merupakan salah satu peristiwa langit yang dapat kita saksikan menggunakan mata telanjang dan pasti nya gerhana bulan aman bila dilihat secara langsung oleh mata.



Gerhana bulan hanya terjadi pada saat bulan purnama. Mengapa demikian? Mengapa setiap bulan tidak gerhana bulan padahal setiap bulan kan selalu purnama? Mengulas terjadi nya gerhana bulan adalah akibat dari posisi matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus yang disebut garis ekliptika. Dibulan-bulan biasanya saat terjadi bulan purnama, posisi bulan tidaklah berada pada garis ekliptika atau tidak sejajar dengan matahari dan bumi sehingga cahaya matahari secara langsung dapat dipantulkan sempurna oleh bulan menuju bumi. Lain halnya saat gerhana bulan, Saat gerhana bulan posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis atau pada garis ekliptika. Cahaya matahari yang terpancar menuju bulan tertutup oleh bulatan planet bumi sehingga permukaan bulan yang seharus nya terkena cahaya matahari akan tampak gelap karena cahaya matahari yang terhambat oleh bumi kita tidak mengenai permukaan bulan.

Gerhana Bulan Sebagian atau GBS akan terjadi pada 4 Juni 2012 setelah matahari terbenam hingga pukul 19:06 WIB saat penumbra mulai meninggalkan lingkaran bulan. Berikut tahapan dan waktu gerhana bulan sebagian 4 juni 2012.

  • Penumbra mulai terlihat pada pukul 15:48 WIB
  • Umbra mulai masuk pada pukul 16:59 WIB
  • Puncak GBS pada pukul 18:03
  • Umbra mulai selesai pukul 19:06 WIB
  • penumbra mulai tak terlihat pukul 20:18 WIB.


Dari data yang ada dapat kita ketahui bahwa untuk Wilayah Indonesia bagian barat akan langsung melihat puncak GBS saat matahari terbenam tanpa melihat Penumbra dan umbra, untuk wilayah Indonesia bagian tengah(WITA) akan dapat melihat Umbra saat memasuki bulatan permukaan bulan dan untuk wilayah indonesia bagian timur (WIT) akan dapat melihat GBS penuh mulai saat setelah matahari terbenam.

Peta Wilayah GBS 4 Juni 2012. Credit : http://eclipse.gsfc.nasa.gov/

Jika peralatan memadahi dan kondisi mendukung akan disiarkan pula live streaming GBS yang dapat diakses melalui www.kafeastronomi.com/live untuk info selanjut nya dapat anda dapatkan di FB kafeastronomi dan twitter @kafeastronomi. Selamat mengamati Gerhana bulan Sebagian

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, penelitian seputar etnoastronomi merupakan salah satu kegiatan yang digemarinya di komunitas astronomi Penjelajah Langit. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply