Gerhana Bintang dan Pengamatannya

26-27 Mei 2015 merupakan hari dimana Bintang Delta Sagittarii atau Kaus Media pada pukul 02.18 WIB akan tertutup sesaat sebagai akibat dari melintasnya asteroid Julietta didepan bintang Delta Sagittarii. Peristiwa tertutupnya bintang Delta Sagittarii oleh asteroid Julietta oleh para astronom disebut sebagai peristiwa Okultasi bintang atau yang lebih populer dengan sebutan gerhana bintang. Peristiwa Okultasi dapat terjadi ketika cakram benda langit tertutup oleh cakram benda langit lain yang melintas didepannya. Sebagai contoh, gerhana matahari total dapat disebut sebagai okultasi Matahari oleh Bulan. Namun sebaliknya, gerhana bulan tidak dapat disebut sebagai okultasi Bulan karena cakram bulan sama sekali tidak tertutup oleh benda langit apapun. Peristiwa okultasi dapat terjadi pada planet dan bintang.

Pada akhir mei ini terdapat dua okultasi bintang yang dapat diamati oleh masyarakat indonesia khususnya yang berada di wilayah terjadinya okultasi bintang tersebut. Dua bintang yang akan mengalami gerhana adalah bintang Regulus yang berada di rasi bintang Leo dan bintang Delta Sagittarii atau Kaus Media yang terdapat di rasi bintang Sagittarius. Bintang Regulus telah ter-okultasi oleh asteroid Dagmar pada 24 Mei 2015 yang lalu dan wilayah yang mampu mengamati kejadian ini hanya daerah Bengkulu dan Sumatra Selatan. Bintang Delta Sagittarii akan ter-okultasi oleh asteroid Julietta pada 27 Mei pagi dini hari pukul 02.18 WIB. Kedua peristiwa okultasi bintang ini akan berlangsung dalam hitungan detik dan untuk mengamatinya lebih detail dibutuhkan binokular maupun teleskop yang telah dilengkapi dengan video recorder.

Berkaitan dengan adanya peristiwa okultasi bintang atau gerhana bintang, badan Asosiasi Waktu Okultasi Internasional atau IOTA (International Occultation Timing Association) akan mengadakan pengamatan okultasi di kota-kota yang dilintasi oleh garis umbra dan penumbra. Kota-kota tersebut adalah Yogyakarta, Muntilan, Magelang, Ambarawa dan Semarang. Terdapat 6 stasiun pengamatan yang akan mengamati peristiwa okultasi bintang Delta Sagittarii oleh asteroid Julietta dan setiap stasiun akan dilengkapi dengan teleskop. 6 stasiun tersebut akan di handle oleh Dr. David Dunham dari IOTA, Observatorium Bosscha, KafeAstronomi(Klub Astronomi Penjelajah Langit) dan Jogja Astro Club.

Lintasan Umbra dan Penumbra. Sumber : David Dunham
Lintasan Umbra dan Penumbra. Sumber : David Dunham

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : [email protected] Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply