Geminid Meteor Shower


Hujan meteor Geminids merupakan penampakan hujan meteor yang terjadi setiap pertengahan bulan desember dan dapat dinikmati disetiap penjuru dunia baik belahan bumi selatan maupun belahan bumi utara. Nama Hujan Meteor Geminids diambil dari Radiant atau sumber dari mana meteor berasal yaitu rasi gemini. Hujan meteor biasa nya terjadi ketika bumi melewati garis edar nya kemudian bertemu dengan sisa-sisa ekor komet yang terhempas karena angin matahari. Berbeda dengan hujan meteor geminids, ia disebabkan bukan dari sisa-sisa ekor komet melainkan sebuah objek astronomi 3200 Phaethon yang dianggap sebagai Asteroid Palladian.

Di bulan Desember, Rasi gemini akan tampak mulai sekitar pukul 21.00 WIB di arah timur hingga fajar. Sehingga untuk mengamati penampakan dari hujan meteor ini tergolong pengamatan meteor yang relatif lama dan tidak begitu pagi seperti orionids dan leonids yang lebih dari pukul 00.00. Rata-rata kecepatan meteor yang melintas ketika melintasi atmosfer bumi sekitar 22 mil/jam.

Radiant Geminids Meteor Shower

Penampakan geminids meteor shower(Hujan meteor geminids) paling banyak terlihat sekitar 120 hingga 160 Meteor perjam nya. Hal ini sangat mungkin terlihat di indonesia ketika observasi langit benar2x cerah dan minim dengan polusi cahaya. Di tahun 2005 pengamatan hujan meteor geminids terganggu dengan adanya cahaya bulan purnama, tahun 2006 pengamatan yang sama terganggu pula dengan bulan yang hampir purnama, di tahun 2007 berbeda dengan dua tahun sebelum nya dimana bulan sedang mengalami bulan baru sehingga pengamatan geminids sangat bagus di lakukan di belahan bumi selatan indonesia khusus nya, tahun 2008 sama dengan tahun 2006 yaitu bulan purnama dan di tahun 2009 puncak geminids meteor shower 2 hari sebelum bulan baru sehingga pengamatan meteor cukup baik.

Menemukan Rasi Gemini
Secara kasat mata alias mata telanjang, rasi gemini dapat kita kenali dengan 2 bintang nya yang mempunyai cahaya cukup cerah yaitu pollux dan castor. Dua bintang ini letak nya saling berdekatan sekitar 4 derajat. Untuk menemukannya cukup mudah. berikut langkah-langkah nya :
1. Temukan dahulu rasi orion. Rasi Orion mempunyai ciri khas yang sangat unik yaitu 3 bintang yang berjejer hampir membentuk sebuah garis lurus.
2. Setelah itu lihat bintang di samping kiri (jika anda menghadap ke timur) berwarna sedikit kemerah-merahan. Nama bintang itu adalah Betelgeuse yang termasuk salah satu bintang dari rasi orion.
3. Kemudian teruskan pencarian bintang ke arah timur dan cari bintang yang relatif ceah dari bintang-bintang disekitar nya. Bintang itu bernama Procyon.
4. Langkah terakhir temukan 2 bintang di samping kiri Procyon yang letak nya tidak terlalu jauh dan cukup cerah. Nama bintang itu adalah pollux dan castor.

Semua bintang yang saya sebutkan adalah bintang-bintang yang memiliki tingkat kecerahan relatif terang sehingga mata telanjang dapat melihat nya. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar ilustrasi berikut dan download.

Letak Rasi Gemini

TIM JAC Geminids Meteor Shower sedang mengamati hujan meteor geminids

Referensi: en.wikipedia.org

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply