Saturday Apr 19, 2014

Galileo Galilei – Bapak Observasi Astronomi Modern

Galileo Galieli. Siapa yang tidak kenal dengan sosok ilmuan yang satu ini. Ya Galileo Galilei adalah ilmuan yang punya peranan sangat penting terhadap Revolusi Sains. Ilmuwan kelahiran Pisa, Italia ini terkenal setelah pengembangan telekopnya dan observasi astronomi serta dukungannya kepada Copernicanisme (pendukung Copernicus). Oleh sebab itu beliau mendapat julukan “Bapak Observasi Astronomi Modern”, “Bapak Fisika Modern”, “Bapak Sains” dan “Bapak Sains Modern”.

Perjuangannya menyebarkan pendapat bahwa sebenarnya matahari lah yang menjadi pusat bagi tata surya sangat berat. Karena perlawanannya terhadap pembesar kala itu, akhirnya ia menghabiskan sisa hidupnya sebagai tawanan rumah. Tapi pada saat itulah ia menulis salah satu pekerjaan terbaiknya, Two New Sciences (Dua Sains Baru), yang mana beliau merangkum pekerjaannya selama 40 tahun sebelumnya, dua sains itu adalah Kinematika dan Kekuatan dari Material.

Berdasarkan deskripsi yang kurang pasti dari percobaan teleskop pertama yang Hana Lippershey coba untuk patenkan pada 1608, Galileo pada tahun itu juga, membuat teleksop dengan perbesaran sekitar 3 kali. Kemudian beliau membuat versi yang terbaru yang memiliki perbesaran hingga 30 kali. Pada 25 Agustus 1609, beliau mendemonstrasikan teleskop terbarunya, yang memiliki perbesaran sekitar 8 atau 9 kali, dihadapan pembuat undang-undang Ventian. Beliau mempublikasikan asal mula observasi astronomi dengan teleskop pertamanya pada Maret 1610 sebagai pembukaan dalam bukunya yang berjudul Siderus Nuncius (Pembawa pesan bintang-bintang)



Masih banyak observasi beliau dalam hal astronomi seperti observasi Supernova Kepler, Jupiter, Venus, Saturnus dan Neptunus, Bintik Matahari, dan lain-lain serta berbagai macam teori serta eksperimen fisikanya. Jadi, tidak heran mengapa Galileo Galilei mendapat begitu banyak gelar.

Referensi : en.wikipedia.org/wiki/galileo_galilei

Leave a Reply