Foto Tikus di Planet Mars

Sebuah batu di Mars diklaim memiliki kemiripan dengan binatang pengerat yang membuat berita ini secara cepat beredar luas di media internet. Bahkan hal ini justru menginspirasi beberapa fans untuk mengatur akun twitter dalam namanya.

Penggemar UFO melihat foto yang diklaim sebagai “Tikus Mars” dalam foto panorama yang diambil oleh NASA Curiosity pada september 2012. Zoom yang dilakukan pada bagian dari gambar mengungkapkan hal yang mirip seperti seekor tikus merunduk diantara dua batu dengan hidung diatas tanah.

“Ini adalah tikus lucu diplanet Mars. Perhatikan warna atas yang cerah dan kelopak mata, hidungnya dan daerah pipinya, telinganya, kaki depannya dan bagian perutnya” Jelas Scott Waring dalam tulisannya di UFO Sightings Daily pada bulan desember. “Mirip juga seperti tupai berkamuflase didalam batu dan pasir dengan menggunakan warnanya”

Foto penampakan tikus di planet Mars oleh Curiosity. Sumber : NASA/JPL-Caltech
Foto penampakan tikus di planet Mars oleh Curiosity. Sumber : NASA/JPL-Caltech

Dalam berita terbarunya, Waring meningkatkan kemungkinan bahwa NASA menerbangkan tikus atau tupai ke planet Mars secara diam-diam sebagaimana bagian dari eksperimen untuk menguji kemampuan planet merah dalam mendukung kehidupan seperti yang kita kenal.

“Mengapa NASA tidak memberitahu kita tentang hal itu?” kata Waring dalam beritanya. “Karena tupai diperkirakan pada akhirnya akan mati dan NASA akan mendapatkan sangsi dari PETA (People for the Ethical Treatment of Animals) dalam pengadilan hukum”



Berita tentang “Tikus Mars” kini mewabah, bahkan melompat dari halaman UFO Sightings Daily ke pemberitaan publik seperti Discovery News, Fox News, dan beberapa media publikasi lainnya (termasuk space.com)

Dalam jejaring sosial twitter, “Tikus Mars” ini telah memiliki akun twitter sendiri dengan akun @RealMarsRat dan jumlah follower mencapai 618 orang 3 juni 2013.

Sementara beberapa orang tampaknya benar-benar percaya bahwa tupai/tikus Mars yang merangkak disekitar planet Mars adalah sebuah contoh nyata dari fenomena psikologi yang disebut pareidolia.

Pareidolia mengacu pada kecenderungan otak manusia untuk melihat hewan atau bentuk lain yang mirip dalam gambar samar-samar atau acak. Fenomena ini telah memicu banyak spekulasi tentang planet merah selama bertahun-tahun. Yang paling terkenal setelah beberapa orang melihat wajah humanoid di permukaan planet Mars yang diambil oleh wahana antariksa pengorbit Viking 1 milik NASA pada tahun 1976.

Dan pada bulan maret saja, UFO Sightings Daily melaporkan bahwa hewan yang tampak didalam foto kemungkinan adalah tikus atau kadal yang mengintai dalam foto Curiosity lainnya.

Hal ini sangatlah tidak mungkin bahwa tikus, kadal atau organisme lainnya dapat bertahan pada permukaan Mars saat ini yang dingin dan kering. Para peneliti mengatakan, meskipun beberapa ilmuwan berfikir planet merah mungkin masih dapat mendukung kehidupan mikroba didalam lapisan bawah tanah.

Segalanya mungkin berbeda pada saat Mars beriklim basah dan hangat di masa lalu. Namun begitu, pengamatan Curiosity mendorong ilmuwan untuk mengumumkan diawal tahun ini bahwa mikroba dapat bertahan diplanet merah miliaran tahun yang lalu.

Sumber : Space.com

2 thoughts on “Foto Tikus di Planet Mars

Leave a Reply