Editing Foto Langit

Hei semua… Apakabarnya nih? Gimana acara motret-motret langit nya? Pasti sukseskan? Nah biasanya nih, setelah motret langit kita pasti melihat hasil potret langit yang telah kita ambil kurang memuaskan alias kurang optimal baik dari segi eksposure, contrast maupun brightness nya. Lantas adakah solusi untuk mengatasi hal seperti ini? Yups! Tentu ada pastinya yang tak lain adalah dengan mengedit foto langit itu sendiri atau istilahnya editing foto.


Pada sesi ini saya akan mencoba berbagi pengalaman bagaimana cara editing foto-foto langit agar foto langit yang telah kita ambil sebisa mungkin dapat optimal sebagaimana mewakili gambaran dari kondisi langit seperti yangn apa kita inginkan. Namun sebelum itu, sedikit saya paparkan beberapa syarat yang harus dipenuhi agar teman-teman bisa mengikuti tutorial ini:

  • Tutorial yang saya sampaikan ini ditujukan untuk level pemula banget atau kalo orang bilang Newbie karena dalam tutorial ini saya akan menampilkan hal-hal yang sangat simple dalam tekhnik editing foto langit. Sedangkan untuk editing tingkat lanjut seperti noise editing untuk saat ini tidak akan saya singgung.
  • Pastikan komputer anda telah terinstall software Adobe Photoshop Lightroom karena dalam tutorial ini saya menggunakan software Adobe Photoshop Lightroom sebagai Software editor foto langit. Jika pada komputer anda belum terinstall, silahkan gunakan versi trial yang dapat anda download pada link berikut ini. Bagi anda yang menggunakan windows XP gunakan Photoshop Lightroom versi 3.6 dan bagi anda yang menggunakan windows 7 maupun 8 gunakan versi terbaru. Pada tutorial ini saya menggunakan versi 3.6 .

http://www.adobe.com/support/downloads/product.jsp?product=113&platform=Windows



  • Pada tutorial ini telah saya lampirkan karya foto langit saya yang dapat anda gunakan sebagai bahan belajar editing foto langit. Untuk itu silahkan download terlebih dahulu.
Foto Langit (307.6 KiB, 467 downloads)

Setelah semua persyaratan telah terpenuhi, kini saat nya kita belajar bagaimana mengolah foto langit. Just follow my command. He3x… 🙂

  • Buka aplikasi Adobe Photoshop Lightroom dan import bahan/foto yang akan di edit. Caranya, klik FileImport Photos dan pilih foto yang telah di download tadi dan klik import.

  • Setelah foto langit masuk dalam jendela “Library”, klik foto kemudian klik tab “Develop” untuk mulai mengedit foto.

  • Pada tab “Develop”, anda akan disuguhi dengan berbagai macam pengaturan editing dimana pengaturan ini ditampilkan pada sidebar sebelah kanan. Beberapa pengaturan yang ditampilkan diantaranya seperti Histogram, Basic, Tone Curve Dll. Dalam tutorial ini kita hanya akan menggunakan dua buah pengaturan saja yaitu Pengaturan Basic dan Pengaturan Tone Curve.

Editing Basic

  • Pada editing basic, ditampilkan pengaturan White Balance dengan pilihan Custom dan Auto. Pilih Custom agar kita dapat mengedit foto sesuka kita. Setelah pengaturan White Balance telah menjadi custom kini saat nya mengolah foto menjadi foto yang layak saji.
  • Perubahan yang pertama kali akan kita lakukan adalah mengubah warna langit malam yang tadinya gelap menjadi sedikit berwarna biru. Caranya, atur temperatur gambar (Temp) menjadi -8 dan atur Tinta (Tint) menjadi +1.
  • Setelah warna langit berubah menjadi biru, naikkan exposure menjadi +.29 agar cahaya dalam foto langit yang tampak gelap sedikit menjadi terang dan biarkan pengaturan Recovery, Fill Light dan Blacks tetap pada posisi 0.
  • Kemudian naikkan brightness menjadi +75 agar langit menjadi lebih terang dan turunkan Contrast menjadi -23 agar foreground orang bersama teleskop tampak lebih jelas.

Editing Tone Curve

Agar pencahayaan dalam frame foto lebih optimal kita tambahkan perubahan dalam pengaturan Tone Curve.

  • Naikkan Highlights menjadi +100 dan Lights menjadi +26.

  • Finish! Kini foto telah selesai kita edit.

Nah gimana hasil foto langit nya? Lebih bagus dan optimalkan dari pada foto sebelum di edit tadi kan. Jika anda kurang puas, silahkan otak atik sendiri pencahayaan pada pengaturan basic dan tone curve tadi. Nah segitu dulu ya tutorial editing foto langit kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam Astronomi Indonesia!

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : [email protected] Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply