Ebook Transit Venus 2012

Transit Venus merupakan peristiwa yang amat jarang terjadi meskipun merupakan bagian dari kejadian langit yang reguler atau terjadwal. Dalam sebuah abad hanya bisa terjadi sepasang transit Venus, namun tidak setiap abad kita dapat menjumpai peristiwa ini. Transit Venus terakhir sebelum abad ke–21 terjadi di abad ke–18 tepatnya pada Transit Venus 1874 dan Transit Venus 1882. Sementara Transit Venus di abad ke–21 adalah Transit Venus 2004 dan Transit Venus 2012. Dengan demikian terdapat selisih waktu 121,5 tahun bagi Transit Venus dari abad ke abad, yang membuat Transit Venus tidak terjadi sepanjang abad ke–20.

Pasca 2012, Transit Venus baru akan terjadi kembali pada 2117 mendatang, sehingga dengan mempertimbangkan usia rata-rata manusia masa kini, Transit Venus 2012 adalah kesempatan terakhir sepanjang hayat kita untuk menjumpai peristiwa langit ini. Karena langkanya, sambutan terhadap Transit Venus pun berbeda dibandingkan peristiwa langit lainnya. Di mancanegara sambutan terhadap Transit Venus 2012 demikian gegap gempita dan telah dipersiapkan sejak jauh–jauh hari bahkan sebelum tahun mulai menjejak 2012.

Transit Venus, terjadi akibat tepat segarisnya Matahari, Venus dan Bumi dalam segala arah sehingga kita di Bumi akan menyaksikan Venus tepat berimpit dengan Matahari. Konfigurasi ini sekilas mengingatkan kita pada peristiwa langit lainnya, yakni Gerhana Matahari. Tetapi, meskipun ukuran Venus lebih besar ketimbang Bulan, jaraknya lebih jauh sehingga kenampakan Transit Venus amat berbeda dibanding Gerhana Matahari. Dalam Transit Venus kita hanya akan menyaksikan bundaran kecil hitam seakan–akan menyeberangi cakram Matahari yang penuh gelora.



Buku ini dipersembahkan Jogja Astro Club dalam rangka menyongsong Transit Venus 2012 khususnya dari kawasan Indonesia. Beragam aspek terkait Venus, Transit Venus dan cara pengamatannya disajikan di sini dalam bahasa yang singkat, sederhana dan mudah dipahami, ditunjang dengan gambar–gambar memukau sebagai pendukung. Tersaji pula uraian tentang Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan sepanjang tahun 2012 yang semuanya bisa disaksikan dari Indonesia.

Buku kecil ini wajib dimiliki dan dibaca anda, terutama pelajar, mahasiswa, guru, dosen, santri, kyai/ulama dan masyarakat luas yang menaruh perhatian besar akan peristiwa-peristiwa langit sekaligus mencoba untuk menjadi bagian dari observasi peristiwa langit teramat langka ini.

Transit Venus 2012 (2.7 MiB, 1079 downloads)

Ma'rufin Sudibyo

Orang biasa saja yang suka menatap bintang dan sedang mencoba menjadi komunikator. Saat ini sebagai ketua tim ahli Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kebumen, Jawa Tengah. Aktif pula dalam Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Falak Rukyatul Hilal Indonesia (LP2IF RHI), Ikatan Cendekiawan Falak Indonesia (ICFI), Jogja Astro Club dan International Crescent Observations Project(ICOP). Juga sebagai pembimbing dan pendamping Forum Kajian Ilmu Falak (FKIF) Gombong dan Majelis Kajian Ilmu Falak (MKF) Kebumen, keduanya di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

7 thoughts on “Ebook Transit Venus 2012

Leave a Reply