Dance of the Planet

Planet Jupiter Planet Merkurius Planet Venus Tata Surya

Dance of the planet. Apakah itu? Apa planet-planet saling berdansa atau hanyalah istilah yang diberikan oleh para astronom untuk sebuah fenomena langit? Memang planet bisa berdansa ya? Ha3x… Sedikit membuyarkan pastinya bagi anda yang baru kali ini mendengarnya. Ya, Dance of the planet adalah istilah yang diberikan kepada planet-planet di tata surya dimana pada saat yang bersamaan kita dapat melihatnya di langit secara langsung. Kapan hal itu akan terjadi? Memang planet di tata surya bisa dilihat pake mata telanjang ya? Mari kita bahas bersama-sama.

Dance of the PlanetSaat langit cerah dan terhindar dari cahaya lampu-lampu kota kita akan melihat bintang berkelip-kelip dilangit. Ada yang terang, ada yang redup dan ada pula yang jika kita lihat secara seksama ia tak pernah berkelip. Pergerakan udara di lapisan atmosfer dan ukuran sudut bintang yang kecil membuat cahaya yang dipancarkan selalu berkelip-kelip saat kita melihatnya menggunakan teleskop maupun dengan mata telanjang. Namun dari ratusan bintang itu terkadang ada satu, dua bahkan tiga bintang yang ia tidak pernah berkelip dan terang sekali cahayanya. Ya, jika anda melihat nya itulah planet. Planet-planet di tata surya yang dapat kita lihat menggunakan mata telanjang antara lain Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Pada dance of the planet bulan mei hingga pertengahan bulan juni, planet-planet yang akan terlihat secara bersamaan adalah planet Merkurius, Venus dan Jupiter. Dance of the planet dapat kita amati setelah matahari terbenam diufuk barat selama bulan mei hingga pertengahan juni. Seiring berjalannya waktu, perlahan-lahan ketiga planet ini akan saling menjauh. Lihatlah posisi planet Merkurius, Venus, dan Jupiter pada gambar dibawah dari hari ke hari dilangit senja.

Posisi Merkurius, Venus dan Jupiter dari tanggal 24, 26, 28, 30 mei, 1 juni, 3 juni. Sumber : Starry Night PP, 2013.

Sebuah pertanyaan muncul, Bagaimana Dance of the planet ini dapat terjadi? Dengan terlihatnya ketiga planet itu(Merkurius, Venus dan Jupiter) saling berdekatan, apakah hal ini memberitahukan kepada kita bahwa ketiga planet itu saat ini sedang melintas dekat layaknya asteroid yang mendekati Bumi?

Menggunakan SkyViewCafe yang terpasang pada fasilitas Peta Bintang Interaktif, kita dapat mencoba untuk mengetahui dimana sejatinya posisi dari planet-planet di tata surya saat ini. Perhatikan gambar berikut ini.

Posisi Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Sumber : SkyViewCafe, 2013.

Dalam gambar ini kita melihat beberapa lingkaran memiliki warna mulai dari merah, hijau kebiruan dan abu-abu. Apa maksudnya? Lingkaran berwarna tak lain adalah orbit dari “planet dalam” yang mengelilingi matahari yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Selain orbit planet yang diberi warna, posisi mereka saat ini di tata surya juga diberi tanda dengan tanda persegi kecil berwarna pada orbit masing-masing planet. Seperti pada Bumi, orbit planet Bumi diberi warna hijau kebiruan sedang posisi nya diberi tanda persegi kecil berwarna hijau kebiruan. Dari sudut pandang kutub matahari diatas, kita dapat melihat posisi dari Merkurius, Venus dan Mars saat ini berada di belakang matahari kita. Jika kita tarik sudut antara Venus, Bumi dan Merkurius maka akan membentuk sudut lancip dan jarak antara Venus – Merkurius dalam sudut itu tampak sangat dekat. Hal ini lah yang menyebabkan Venus dan Merkurius di langit senja akan tampak sekali berdekatan seolah mereka melintas dekat padahal sejatinya keduanya berada pada jarak yang berjauhan.

Sudut pandang dari atas kutub Matahari dan Sudut pandang dari permukaan Bumi. Sumber : Eko Hadi G, 2013.

Bagaimana dengan Jupiter? Hal yang sama juga dialami oleh Jupiter. Jika kita tarik garis lurus membentuk sudut antara Jupiter – Venus, maka sudut yang terbentuk antara Jupiter – Venus adalah sudut lancip dengan jarak Jupiter – Venus dalam sudut itu tampak dekat.

Free SkyViewCafe 1