Glosarium Astronomi

Palus -  Rawa
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
Palus -  Rawa
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
PARALAKS -  Pergeseran posisi benda di depan latar belakang yang jauh sebagaimana terlihat dari dua tempat berbeda. Bintang menunjukkan suatu pergeseran paralaks kecil jika dilihat dari sisi berlawanan garis edar bumi. Besarnya pergeseran tergantung dari jarak bintang; yang terdekat menunjukkan pergeseran terbesar. Dengan mengukur paralaks bintang, para ahli astronomi dapat menghitung jaraknya. Hanya bintang yang lebih dekat dari kira-kira 100 tahun cahaya yang menunjukkan pergeseran cukup besar untuk diukur secara tepat. Bintang 61 Cygni adalah yang pertama diukur paralaksnya dalam tahun 1838 oleh ahli astronomi Jerman, Wihelm Bessel (1794-1846).
- Synonyms: Crab Nebula
PARSEK -  Suatu ukuran jarak didalam astronomi yang berpatokan pada jarak dimana bintang menunjukkan paralaks sebesar 1 detik busur. Satu parsek sama dengan sekitar 3,26 tahun cahaya.
- Synonyms: Crab Nebula
PENUMBRA -  Wilayah pada bayangan (gerhana) dimana hanya sebagian atau semua sumber cahaya(cahaya matahari) dikaburkan oleh benda langit yang menutupi datangnya cahaya matahari. Jika terjadi pada gerhana matahari maka benda langit yang dimaksud adalah bulan sedang jika hal itu terjadi pada gerhana bulan maka benda langit yang dimaksud adalah bumi. Seorang pengamat yang berada diwilayah penumbra sepenuhnya akan melihat peristiwa gerhana parsial. Kata penumbra berasal dari bahasa latin yaitu paene yang artinya "Hampir, nyaris" dan umbra yang artinya "Bayangan"
- Synonyms: Penumbral
- Synonyms: Penumbral
PERIHELION -  titik terdekat dalam garis edar suatu benda angkasa mengelilingi Matahari. Kebalikan dari Perihelion adalah Aphelion.
- Synonyms: Crab Nebula
PERSEUS -  Sebuah rasi menonjol di langit belahan utara. Namanya diambil dari seorang pahlawan mitologi Yunani.
- Synonyms: Crab Nebula
PISCES -  Suatu rasi zodiak, terletak di daerah khatulistiwa langit. Matahari melewati rasi ini dari pertengahan Maret hingga pertengahan April. Matahari berada di Pisces ketika ia bergerak ke utara melintas khatulistiwa langit, menandai awal musim semi Belahan Utara (ekuinoks semi).
- Synonyms: Crab Nebula
PROPER MOTION -  Perubahan kecil dalam posisi bintang selama jangka waktu tertentu. Perubahan tersebut disebabkan oleh gerakannya dalam antariksa. Gerak diri bintang tidak dapat terlihat oleh mata telanjang. Ia dapat diukur pada gambar-foto skala besar yang diambil dengan teleskop selama bertahun-tahun. Gerak diri bintang pada akhirnya akan mengubah pola rasi yang sudah dikenal. Bintang dengan gerak diri terbesar adalah Bintang Barnard. Selama jangka waktu 180 tahun berubah posisinya sebesar diameter tampak bulan.
- Synonyms: Main Sequence
- Synonyms: Main Sequence

Istilah tidak ditemukan???

Anda tidak menemukan istilah yang anda inginkan? Ketik istilah yang anda cari dan klik “Kirim Istilah” agar redaksi kami membantu menemukannya.
—————————————————————————————————————————————-