Glosarium Astronomi

a | b | c | d | e | f | g | h | k | l | m | n | o | p | r | s | t | u | z
Reset list
HELIOSENTRIS -  Teori yang menyatakan bahwa bumi dan planet-planet berputar tetap mengelilingi matahari
- Synonyms: Heliocentris, heliocentris
- Synonyms: Heliocentris, heliocentris
HERCULES -  Sebuah rasi di langit belahan utara, dinamakan menurut pahlawan mitologi Yunani. Salah satu ciri terpenting rasi ini ialah kelompok bulat bernama M13. Ia berada sejauh 22.500 tahun cahaya dan mengandung 300.000 bintang. Alpha Hercules juga diberi nama ras Algethi, ialah sebuah bintang raksasa merah, kira-kira 5000 kali garis tengah matahari.
- Synonyms: Main Sequence
HERTZSPRUNG-RUSSEL -  Gambar Diagram Hertzsprung-Russel ialah sebuah grafik yang memetakan suhu bintang berbanding dengan kecerlangannya. Grafik ini dinamakan menurut nama ahli astronomi Denmark, Ejnar Hertzprung (1873-1967) dan ahli astronomi Amerika, Henry Norris Russel (1877-1957) yang secara mandiri tampil dengan gagasan sama, masing-masing dalam tahun 1911 dan 1913. Diagram ini berguna untuk mengungkapkan apakah sebuah bintang itu raksasa ataukah kerdil, dan tahap apa yang dicapai dalam evolusinya. Sebagian besar bintang, termasuk Matahari, terletak pada suatu pita yang dikenal dengan nama Deret Utama. Posisi bintang dalam diagram ini juga mengungkapkan Magnitudo Mutlak-nya.
- Synonyms: Main Sequence
HYADES -  Kelompok dari sekitar 200 bintang berbentuk 'V' dalam rasi Taurus. Hyades adalah kelompok bintang padat terdekat Bumi, kira-kira sejauh 150 tahun cahaya. Banyak pengetahuan kita mengenai bintang diperoleh dari studi mengenainya. Bintang-bintang Hyades lahir kira-kira 500 juta tahun yang lalu dan relatif muda.

Istilah tidak ditemukan???

Anda tidak menemukan istilah yang anda inginkan? Ketik istilah yang anda cari dan klik “Kirim Istilah” agar redaksi kami membantu menemukannya.
—————————————————————————————————————————————-