Glosarium Astronomi

a | b | c | d | e | f | g | h | k | l | m | n | o | p | r | s | t | u | z
Reset list
BETELGEUSE -  Sebuah bintang super raksasa merah yang menandai bahu kanan rasi Orion. Betelgeuse sedemikian besarnya sehingga ia labil. Garis tengahnya berubah tak beraturan antara 300 sampai 400 kali Matahari sambil berubah pula kecerlangannya. Letak Betelgeuse sejauh 650 tahun cahaya
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
BINTANG GANDA -  Atau juga biasa disebut Bintang Pasangan (binary), adalah sepasang bintang yang dihubungkan oleh gravitasi. Sebagian besar pasangan tampak sebagai bintang tunggal bagi mata telanjang, tetapi dapat terlihat terpisah dengan teleskop. Namun beberapa diantaranya begitu saling dekat sehingga adanya pasangan hanya dapat disimpulkan dari analisa cahaya gabungannya. Dalam beberapa pasangan, bintangnya secara berkala saling menghalangi.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
BINTANG NEUTRON -  Bintang padat kecil yang diperkirakan menandai titik ajal evolusi bintang yang lebih besar dari matahari. Bintang Neutron hanya bergaris tengah 15 km, tetapi ia banyak mengandung materi sebanyak matahari kita. materi itu tergencet sedemikian padatnya sehungga sesendok bahan bintang neutron berbobot milyaran ton. Sumber radio berkilat-kilat yang dinamakan Pulsar sebenarnya adalah bintang neutron.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
BINTANG UBAH -  Bintang yang keluaran cahayanya berubah. Beberapa bintang itu ukurannya berubah seperti Variabel Cepheid, tetapi lainnya adalah bintang ganda dekat yang secara berkala saling menghalangi (pasangan pemudar). Di tahun 1975 tercatat dalam katalog galaksi kita lebih kurang 25.000 bintang ubah.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
BINTIK MATAHARI -  Daerah-daerah yang lebih sejuk dalam permukaan matahari, di fotosfera. Ia tampak suram dibandingkan dengan kelilingnya yang lebih cemerlang, tetapi ia cukup panas, kira-kira 4.500º C. Bintik matahari ada hubungannya dengan medan-medan magnet di Matahari, yang rupanya menghalau aliran panas melalui fotosfera, dan ini menimbulkan bintik.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
Bulge -  Struktur bola mengelilingi pusat galaksi terdiri atas bintang-bintang tua, gas dan debu.
- Synonyms: Crab Nebula

Istilah tidak ditemukan???

Anda tidak menemukan istilah yang anda inginkan? Ketik istilah yang anda cari dan klik “Kirim Istilah” agar redaksi kami membantu menemukannya.
—————————————————————————————————————————————-