Glosarium Astronomi

a | b | c | d | e | f | g | h | k | l | m | n | o | p | r | s | t | u | z

ALBEDO -  Fraksi cahaya matahari yang sampai pada suatu planet yang dipantulkan kembali ke ruang angkasa. Albedo Bumi bernilai sekitar 30-35%. Sisa cahaya matahari diserap oleh tanah dan bertanggung jawab terhadap suhu rata-rata di permukaan.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
ALDEBARAN -  Sebuah bintang raksasa merah, paling cemerlang dalam rasi Taurus. Jarak Aldebaran 65 tahun cahaya dan garis tengahnya 36 kali matahari.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
ALGOL -  Juga dinamakan Beta Persei. Sebuah bintang pasangan pemudar yang jauhnya 82 tahun cahaya dalam rasi Perseus. Algol sedikit menyuram setiap 2,87 hari seraya ia terhalang oleh sebuah bintang pasangan yang lebih suram. Variasi kecerlangan Algol ditemukan dan dijelaskan di tahun 1782 oleh ahli astronomi amatir Inggris, John Goodricke (1764-86)
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
ALPHA CENTAURI -  Bintang terdekat matahari, sejauh 4,3 tahun cahaya. Sebenarnya ia terdiri atas tiga bintang yang saling berhubungan karena gravitasi, walaupun bagi mata telanjang mereka nampak bagai satu. Alpha Centauri adalah bintang paling cemerlang dalam rasi Centaurus, dan ketiga paling cemerlang di langit.
ALTITUDE -  Tinggi suatu objek terhadap garis horizon
- Synonyms: Altitute, Altitut
ALTITUDE -  Tinggi suatu objek terhadap garis horizon
- Synonyms: Altitute, Altitut
ANTARES -  Sebuah bintang raksasa merah yang terletak di rasi Scorpio. Garis tengahnya 300 kali matahari. Ia adalah salah satu bintang terbesar yang diketahui mengeluarkan cahaya setara dengan 5000 Matahari kita. Letak Antares sejauh 430 tahun cahaya
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
Antumbra -  wilayah pada bayangan (gerhana matahari) dimana benda langit(yaitu bulan) yang menutupi sepenuhnya terlihat didalam cakram sumber cahaya(matahari). Seorang pengamat yang berada diwilayah antumbra sepenuhnya akan melihat peristiwa gerhana cincin. Kata Antumbra berasal dari bahasa latin yaitu ante artinya "sebelum" dan umbra artinya "bayangan"
- Synonyms: Main Sequence
APHELION -  Titik garis edar terjauh dari matahari yang dicapai oleh suatu benda angkasa. Kebalikan Aphelion adalah Perihelion
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
AQUARIUS -  Pembawa Air. Sebuah rasi zodiak yang terletak di daerah katulistiwa langit. Matahari melewati rasi ini dari pertengahan Februari hingga pertengahan April
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
ARCTURUS -  Sebuah bintang raksasa merah bergaris tengah 27 kali matahari yang terletak di rasi Belahan Utara, Bootes, sang Gembala
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
ASTEROID -  Juga disebut sebagai planet minor, yakni sekumpulan benda angkasa berukuran kecil dengan bentuk tidak beraturan yang mengedari matahari. Orbit asteroid umumnya berada di antara orbit planet Mars dan Jupiter. Beberapa asteroid memiliki orbit yang menyimpang sehingga dapat memotong orbit Bumi. Asteroid semacam ini digolongkan sebagai Near Earth Asteroid (NEA).
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
AU -  Astronomical Unit/Satuan Astronomi. Adalah satuan jarak dalam astronomi yang didefinisikan sebagai jarak rata-rata Bumi-Matahari.
AZIMUTH -  Suatu pengukuran sudut dalam sistem koordinat bola
- Synonyms: Azimut
AZIMUTH -  Suatu pengukuran sudut dalam sistem koordinat bola
- Synonyms: Azimut
BETELGEUSE -  Sebuah bintang super raksasa merah yang menandai bahu kanan rasi Orion. Betelgeuse sedemikian besarnya sehingga ia labil. Garis tengahnya berubah tak beraturan antara 300 sampai 400 kali Matahari sambil berubah pula kecerlangannya. Letak Betelgeuse sejauh 650 tahun cahaya
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
BINTANG GANDA -  Atau juga biasa disebut Bintang Pasangan (binary), adalah sepasang bintang yang dihubungkan oleh gravitasi. Sebagian besar pasangan tampak sebagai bintang tunggal bagi mata telanjang, tetapi dapat terlihat terpisah dengan teleskop. Namun beberapa diantaranya begitu saling dekat sehingga adanya pasangan hanya dapat disimpulkan dari analisa cahaya gabungannya. Dalam beberapa pasangan, bintangnya secara berkala saling menghalangi.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
BINTANG NEUTRON -  Bintang padat kecil yang diperkirakan menandai titik ajal evolusi bintang yang lebih besar dari matahari. Bintang Neutron hanya bergaris tengah 15 km, tetapi ia banyak mengandung materi sebanyak matahari kita. materi itu tergencet sedemikian padatnya sehungga sesendok bahan bintang neutron berbobot milyaran ton. Sumber radio berkilat-kilat yang dinamakan Pulsar sebenarnya adalah bintang neutron.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
BINTANG UBAH -  Bintang yang keluaran cahayanya berubah. Beberapa bintang itu ukurannya berubah seperti Variabel Cepheid, tetapi lainnya adalah bintang ganda dekat yang secara berkala saling menghalangi (pasangan pemudar). Di tahun 1975 tercatat dalam katalog galaksi kita lebih kurang 25.000 bintang ubah.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
BINTIK MATAHARI -  Daerah-daerah yang lebih sejuk dalam permukaan matahari, di fotosfera. Ia tampak suram dibandingkan dengan kelilingnya yang lebih cemerlang, tetapi ia cukup panas, kira-kira 4.500º C. Bintik matahari ada hubungannya dengan medan-medan magnet di Matahari, yang rupanya menghalau aliran panas melalui fotosfera, dan ini menimbulkan bintik.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
Bulge -  Struktur bola mengelilingi pusat galaksi terdiri atas bintang-bintang tua, gas dan debu.
- Synonyms: Crab Nebula
CANCER -  Kepiting. rasi zodiak yang terletak dalam langit belahan utara. Matahari melewati rasi ini dari akhir Juli hingga pertengahan Agustus. Cancer adalah rasi zodiak paling samar, tanpa bintang cemerlang. Ciri yang paling menarik adalah kelompok bintang Praesepe, disebut sebagai sarang lebah, sejauh 520 tahun cahaya.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
CANOPUS -  Bintang cemerlang kedua di langit malam. Letaknya sejauh 119 tahun cahaya dalam rasi Carina (kerangka kapal), di langit Belahan Selatan. Canopus ialah sebuah bintang raksasa kuning, 25 kali garis tengah Matahari. Wahana antariksa menggunakannya sebagai bintang navigasi.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
CAPELLA -  Bintang paling cemerlang dalam rasi Auriga (Pengendara Kereta Perang), rasi dalam Belahan Utara. Sebenarnya ia adalah sebuah bintang ganda, terdiri atas dua bagian yang saling edar setiap 104 hari. Jauh Capella 45 tahun cahaya.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
CAPRICORNUS -  Kambing Laut. Rasi zodiak yang terletak di langit Belahan Selatan. Matahari melewati rasi ini antara akhir Januari dan pertengahan Februari.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
CASSIOPEIA -  Sebuah rasi berbentuk 'W' yang menonjol dekat kutub utara langit. Ia dinamakan menurut ratu mitologi Yunani. Dalam rasi ini sebuah supernova menyala di tahun 1752, diamati oleh Tycho Brahe.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
CASTOR -  Bintang paling cemerlang kedua dalam rasi Gemini, sebuah rasi belahan utara. Castor sesungguhnya terdiri atas enam bintang yang dihubungkan oleh gravitasi, meskipun mereka nampak seperti satu dengan mata telanjang.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
CENTAURUS -  Atau mahluk manusia-kuda dari mitologi Yunani, ialah rasi menonjol di langit Belahan Selatan. Di dalamnya terdapat Proxima Centauri, bintang terdekat matahari. Ada pula Omega Centauri, sebuah kelompok globular bintang yang ratusan ribu jumlahnya, sejauh 17.000 tahun cahaya. Centaurus A, sebuah galaksi yang memancarkan gelombang radio, juga terletak dalam rasi ini.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
CRUX -  Salib selatan. Rasi yang terkecil di langit. Ia terletak dekat kutub angkasa selatan dalam suatu daerah Bima Sakti. Salib selatan mengandung nebula suram Kantong Arang, disamping keempat bintang cemerlang yang menandai bentuk salib yang termasyhur itu
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
CYGNUS -  Angsa. Sebuah rasi yang menonjol di langit belahan utara. Terkadang ia dinamakan Salib Utara karena bentuknya yang khusus. Bintangnya yang paling cemerlang adalah Deneb. Alberio, atau Beta Cygni, ialah sebuah bintang ganda di kepala angsa. Bintang 61 Cygni adalah yang pertama diukur Paralaks-nya. Cygnus mengandung Nebula Amerika Utara, sebuah awan gas berkilau dalam Bima Sakti. Juga Nebula Cadar, sisa dari ledakan supernova yang telah lama berselang.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
DAUR SURYA -  Istilah yang digunakan untuk variasi kegiatan sekitar 11 tahun di matahari. Jumlah bintik matahari, suar, dan prominensa berubah-ubah dalam tiap daur 11 tahun. Namun dalam tiap daur berurutan, kutub magnet utara dan selatan matahari saling bertukar. Jadi dapat dikatakan bahwa daur surya lengkap membutuhkan 22 tahun.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
DEKLINASI -  Koordinat langit setara dengan garis lintang di Bumi. Suatu benda pada deklinasi +90º ialah pada kutub utara angkasa (di atas kepala kutub utara Bumi). Deklinasi 0º menandai katulistiwa angkasa.
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
DERET UTAMA -  Tahap stabil usia pertengahan dalam evolusi suatu bintang. Bintang-bintang deret utama membakar hidrogen menjadi helium di pusatnya untuk menciptakan energi. Bila hidrogen habis, bintang keluar dari tahap deret utama menjadi bintang raksasa.
- Synonyms: Main Sequence
EKLIPTIKA -  Jejak tampak Matahari di depan bintang-bintang setiap tahun. Sudah tentu ia sebenarnya disebabkan oleh bumi mengedari matahari. Ia dinamakan ekliptika karena gerhana (eklips) dapat terjadi hanya bilamana Matahari dan Bulan dekat garis ini.
EKSENTRISITAS -  Kelonjongan orbit planet atau benda langit lainnya
EKSENTRISITAS -  Kelonjongan orbit planet atau benda langit lainnya
- Synonyms: eccentricity, Eksentritas
EQUINOX -  Titik potong antara equator langit dengan ekliptika. Matahari mencapai titik ini setiap tahun pada sekitar tanggal 21 Maret (disebut vernal equinox) dan 22 September (disebut autumnal equinox). Saat itu, siang dan malam akan tepat sama panjangnya.
- Synonyms: Main Sequence
FOTOMETRI -  Tekhnik pengukuran panjang gelombang radiasi dengan mengukur fluks atau intensitas radiasi elektromagnetik objek astronomi.
- Synonyms: Photometri, Photometry
- Synonyms: Photometri, Photometry
FOTOSFERA -  Permukaan cemerlang Matahari; nama itu berarti 'bola cahaya'. Ia adalah lapisan gas berkilau pada suhu kira-kira 6000ºC. Fotosfera itu terpecah-pecah oleh sel-sel ilian gas panas, yang disebut partikel (zarah), yang masing-masing kira-kira sebesar Inggris. Daerah fotosfera yang lebih sejuk dinamakan Bintik Matahari
- Synonyms: Main Sequence
GEMINI -  Anak Kembar. Rasi zodiak dalam langit belahan utara, Dua bintang paling terang dalam Gemini adalah Castor dan Polux. Matahari melewati rasi ini dari akhir Juni hingga akhir Juli. Sebuah hujan meteor utama, Geminid, bersinar dari rasi ini dalam bulan Desember setiap tahun.
- Synonyms: Main Sequence
GEOSENTRIS -  Teori yang menyatakan bumi sebagai pusat alam semesta dan semua benda langit senantiasa mengorbit mengelilingi bumi
- Synonyms: geosentri, geocentric, geocentris
- Synonyms: geosentri, geocentric, geocentris
GLOBULAR CLUSTER -  Gugus bintang bola
- Synonyms: globullar cluster
GLOBULAR CLUSTER -  Gugus bintang bola
- Synonyms: globullar cluster
HELIOSENTRIS -  Teori yang menyatakan bahwa bumi dan planet-planet berputar tetap mengelilingi matahari
- Synonyms: Heliocentris, heliocentris
- Synonyms: Heliocentris, heliocentris
HERCULES -  Sebuah rasi di langit belahan utara, dinamakan menurut pahlawan mitologi Yunani. Salah satu ciri terpenting rasi ini ialah kelompok bulat bernama M13. Ia berada sejauh 22.500 tahun cahaya dan mengandung 300.000 bintang. Alpha Hercules juga diberi nama ras Algethi, ialah sebuah bintang raksasa merah, kira-kira 5000 kali garis tengah matahari.
- Synonyms: Main Sequence
HERTZSPRUNG-RUSSEL -  Gambar Diagram Hertzsprung-Russel ialah sebuah grafik yang memetakan suhu bintang berbanding dengan kecerlangannya. Grafik ini dinamakan menurut nama ahli astronomi Denmark, Ejnar Hertzprung (1873-1967) dan ahli astronomi Amerika, Henry Norris Russel (1877-1957) yang secara mandiri tampil dengan gagasan sama, masing-masing dalam tahun 1911 dan 1913. Diagram ini berguna untuk mengungkapkan apakah sebuah bintang itu raksasa ataukah kerdil, dan tahap apa yang dicapai dalam evolusinya. Sebagian besar bintang, termasuk Matahari, terletak pada suatu pita yang dikenal dengan nama Deret Utama. Posisi bintang dalam diagram ini juga mengungkapkan Magnitudo Mutlak-nya.
- Synonyms: Main Sequence
HYADES -  Kelompok dari sekitar 200 bintang berbentuk 'V' dalam rasi Taurus. Hyades adalah kelompok bintang padat terdekat Bumi, kira-kira sejauh 150 tahun cahaya. Banyak pengetahuan kita mengenai bintang diperoleh dari studi mengenainya. Bintang-bintang Hyades lahir kira-kira 500 juta tahun yang lalu dan relatif muda.
- Synonyms: Main Sequence
KANTONG ARANG -  Sebuah nebula gelap debu dan gas dalam rasi Salib Selatan (Crux). Kantong arang itu terletak sejauh 400 tahun cahaya dan mengandung cukup bahan untuk membentuk sekelompok ratusan bintang.
- Synonyms: Coal Sack
- Synonyms: Coal Sack
KATAI COKLAT -  Suatu calon bintang (protostar) yang gagal terbentuk menjadi bintang akibat tidak memiliki cukup massa untuk membentuk reaksi nuklir yang menyebabkan ia dapat bersinar sebagaimana bintang lainnya pada fase stabil.
- Synonyms: Brown Dwarf
- Synonyms: Brown Dwarf
KATAI MERAH -  Bintang sejuk dan samar, tidak sebesar Matahari. Mereka boleh jadi merupakan bintang terbanyak dalam galaksi kita, tetapi sulit dilihat karena mereka demikian samar. Katai merah terdekat yaitu Proxima Centauri dan bintang Barnard, kedua bintang ini susah untuk dilihat tanpa menggunkan teleskop.
- Synonyms: Red Dwarf
- Synonyms: Red Dwarf
KATAI PUTIH -  Sebuah bintang panas kecil yang diperkirakan menandai titik akhir evolusi bintang seperti Matahari. Sebuah kerdil putih kira-kira sebesar Bumi, tetapi mengandung materi sebanyak matahari. Materinya tergencet sedemikian padat sehingga sesendok materi tersebut akan berbobot satu ton atau lebih. Kerdil putih sedemikian samarnya sehingga yang terdekat di Sirius dan Orocyon, hanya nampak dengan bantuan teleskop.
KONSTELASI -  Rasi bintang
KONSTELASI -  Rasi bintang
- Synonyms: Magnitudo, Magnitud
KORONA -  Atmosfer bagian luar matahari yang samar. Ia terlihat sebagai lingkaran cahaya putih pada waktu gerhana matahari total, ketika bulan menghalangi sinar silau cakram Matahari. Korona terdiri atas gas tipis, menguap dari permukaan Matahari yang mengembang keluar untuk akhirnya membentuk angin surya.
- Synonyms: Penumbral
KROMOSFERA -  Suatu lapisan gas hidrogen yang berkilau dan letaknya di atas permukaan tampak (Fotosfera) Matahari. Nama itu berarti bola warna dan didapat dari warnanya yang merah pekat. Ini terlihat pada gerhana ketika bulan menghalangi cahaya dari fotosfera yang jauh lebih terang.
- Synonyms: Penumbral
KUASAR -  Suatu benda amat cemerlang jauh di antariksa yang diperkirakan merupakan pusat sebuah galaksi yang tengah membentuk. Kuasar sedemikian kecilnya sehingga nampak sebagai bintang di teleskop terbesar sekalipun, tetapi ia melepaskan energi sebesar ribuan kali energi yang dilepaskan oleh galaksi seperti Bima Sakti kita. Ia mungkin bertenagakan gas yang jatuh kedalam lubang hitam raksasa dipusatnya. Kuasar memiliki pergeseran merah yang terbesar diantara benda-benda langit lainnya. Dari beberapa ratus kuasar yang telah dikenali, yang terjauh diperkirakan berjarak sekitar 16 milyar tahun cahaya.
Lacus -  Danau
Lacus -  Danau
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
LEO -  Singa. Suatu rasi zodiak, terletak di langit belahan utara. Matahari melewati rasi ini dari pertengahan Agustus hingga pertengahan September. Bintang paling terang di Leo ialah Regulus. Setiap Nopember, hujan meteor Leonid menyinar dari rasi tersebut.
- Synonyms: Penumbral
LIBRA -  Timbangan. Sebuah rasi zodiak yang tidak menarik perhatian, terletak di Belahan Selatan. Matahari melewati rasi ini selama bulan Nopember.
- Synonyms: Penumbral
LUBANG HITAM -  Daerah di sekeliling bintang yang telah runtuh. Gravitasinya sedemikian kuat sehingga tidak ada sesuatupun yang dapat lolos, termasuk cahaya sekalipun. Tetapi benda-benda dapat terhisap masuk. Jika ledakan besar menandai asal mula alam semesta, lubang-lubang hitam yang jauh lebih kecil mungkin terbentuk dalam keadaan tekanan dan kerapatan tinggi yang mengikutinya.
- Synonyms: Penumbral
LUMINOSITAS -  Jumlah energi yang dipancarkan seluruh permukaan bintang ke segala arah per detiknya. Luminositas matahari bernilai 385 triliun-triliun watt
- Synonyms: Penumbral
LYRA -  Berasal dari sebutan untuk semacam harpa kecil, ialah sebuah rasi kecil yang menonjol di langit utara. Bintangnya yang paling terang ialah Vega. Anggota lainnya adalah Lyrae, sebuah bintang Pasangan Pemudar yang terkenal. Komponen-komponennya berubah bentuk karena gravitasi masing-masing dan gas keluar melingkar ke antariksa. Epsilon Lyrae terkadang dinamakan 'ganda-ganda', ialah sekelompok empat bintang yang dihubungkan dengan gravitasi. Nebula Cincin dalam Lyra ialah sebuah Nebula Planet yang terkenal.
- Synonyms: Penumbral
MAGNITUDE -  Ukuran kecerlangan bintang. Setiap tataran magnitudo sesuai dengan beda kecerlangan sedikit lebih dari 2,5 kali. Maka sebuah bintang magnitudo keenam (yang paling samar yang bisa dilihat oleh mata telanjang) adalah 100 kali lebih samar daripada bintang magnitudo pertama. Benda-benda yang lebih terang dari magnitudo 0 diberi magnitudo negatif, misalnya Sirius memiliki magnitudo -1,47, Venus pada saat paling terang adalah -4,3, dan matahari adalah -26,5 (semuanya adalah magnitudo tampak, kecerlangan sebagaimana yang terlihat dari Bumi).
- Synonyms: Magnitudo, Magnitud
MAGNITUDO MUTLAK -  Ukuran keluaran cahaya sebuah bintang yang sebenarnya, yaitu kecerlangan bintang sebagaimana nampak pada kita di Bumi pada jarak 10 parsek (32,6 tahun cahaya). Magnitudo mutlak sebuah bintang tergantung dari besar dan suhunya.
- Synonyms: Penumbral
MAGNITUDO TAMPAK -  Kecerlangan bintang atau benda angkasa lain sebagaimana yang terlihat di langit oleh kita. Magnitudo tampak bintang tergantung dari jaraknya dari kita. Semakin dekat, sebuah bintang nampak semakin terang. Perbedaan antara magnitudo tampak bintang dan magnitudo mutlaknya menunjukkan jarak bintang tersebut.
Mare -  Lautan dibulan
Mare -  Lautan dibulan
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
MERIDIAN -  Lingkaran besar imajiner pada bola langit yang tegak lurus dengan horison setempat. Meridian membentang dari horison utara, melintasi kutub langit hingga Zenith, dan berakhir di horison selatan.
- Synonyms: Penumbral
METEOR -  Partikel kecil dari antariksa yang terbakar karena gesekan dengan atmosfir Bumi. Terlihat sebagai kilatan cahaya yang biasa disebut "bintang beralih". Sebagian besar meteor berasal dari sisa-sisa material dari komet. Apabila Bumi melintas pada jejak sebuah komet, maka kita di Bumi dapat melihat terjadinya hujan meteor.
- Synonyms: Penumbral
METEORID -  Gumpalan batu atau logam yang berhasil menembus atmosfir Bumi. Sebagian meteorid diperkirakan adalah sisa-sisa material dari komet atau asteroid. Sebagian lainnya diperkirakan berasal dari planet lain, seperti Bulan atau Mars. Sebuah meteorid biasanya menghantam permukaan Bumi dalam kecepatan yang sangat tinggi hingga membentuk sebuah kawah yang biasa disebut Kawah Meteorid pada lokasi jatuhnya.
- Synonyms: Penumbral
NEBULA -  Sebuah massa debu dan gas dalam galaksi. Beberapa nebula terang-benderang. Bersinar karena bintang-bintang yang dikandungnya, seperti misalnya Nebula Orion. Yang lainnya suram seperti Kantong Arang.
- Synonyms: Penumbral
NEBULA KEPITING -  Sebuah bercak gas berkilau dalam rasi Taurus. Ia adalah sisa bintang yang terlihat meledak sebagai supernova oleh ahli astronomi timur di tahun 1054, Di pusat nebula kepiting adalah sebuah pulsar berkelap-kelip, teras kecil bintang yang meledak. Nebula kepiting terletak sejauh 6.300 tahun cahaya.
- Synonyms: Crab Nebula
NEBULA ORION -  Awan gas dan debu yang jauhnya 1.500 tahun cahaya. Didalamnya bintang-bintang baru membentuk diri. Sebagian nebula tampak dengan mata telanjang sebagai bercak kabur berkilau menandai pedang Orion. Bintang yang baru terbentuk dalam jantung nebula membuatnya berkilau. Tetapi para ahli astronomi radio telah mendeteksi pula sebuah awan suram yang lebih besar dibelakang bagian tampak, dimana bintang masih dilahirkan.
- Synonyms: Crab Nebula
NOVA -  Sebuah bintang meledak. Ia menyala terang lebih dari 10.000 kali dalam sehari sebelum memudar lagi selama jangka mingguan atau bulanan. Nova diperkirakan merupakan sistem bintang ganda dimana gas mengalir dari satu bintang ke pasangannya kerdil putih. Gas tersebut menyulut dan terlempar dari kerdil putih, menyebabkan letupan terang. Bintang tidak terhancur-lebur oleh ledakan nova, sehingga nova terjadi lagi.
OBSERVATORIUM -  Tempat pengamatan dan peneropongan bintang
- Synonyms: Observatory
OBSERVATORIUM -  Tempat pengamatan dan peneropongan bintang
- Synonyms: Observatory
Oceanus -  Samudra
Oceanus -  Samudra
OPEN CLUSTER -  Gugus bintang terbuka
- Synonyms: Opencluster
OPEN CLUSTER -  Gugus bintang terbuka
- Synonyms: Opencluster
ORION -  Sebuah rasi besar yang menonjol di daerah khatulistiwa langit. Namanya diambil dari pemburu dalam mitologi Yunani. Bintangnya yang paling terang adalah Betelgeuse dan Rigel. Tiga bintang merupakan Sabuk Orion yang khas. Banyak bintang dalam Orion yang relatif muda karena Orion menandai tempat pembentukan bintang, khususnya dalam Nebula Orion.
Palus -  Rawa
Palus -  Rawa
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
PARALAKS -  Pergeseran posisi benda di depan latar belakang yang jauh sebagaimana terlihat dari dua tempat berbeda. Bintang menunjukkan suatu pergeseran paralaks kecil jika dilihat dari sisi berlawanan garis edar bumi. Besarnya pergeseran tergantung dari jarak bintang; yang terdekat menunjukkan pergeseran terbesar. Dengan mengukur paralaks bintang, para ahli astronomi dapat menghitung jaraknya. Hanya bintang yang lebih dekat dari kira-kira 100 tahun cahaya yang menunjukkan pergeseran cukup besar untuk diukur secara tepat. Bintang 61 Cygni adalah yang pertama diukur paralaksnya dalam tahun 1838 oleh ahli astronomi Jerman, Wihelm Bessel (1794-1846).
- Synonyms: Crab Nebula
PARSEK -  Suatu ukuran jarak didalam astronomi yang berpatokan pada jarak dimana bintang menunjukkan paralaks sebesar 1 detik busur. Satu parsek sama dengan sekitar 3,26 tahun cahaya.
- Synonyms: Crab Nebula
PENUMBRA -  Wilayah pada bayangan (gerhana) dimana hanya sebagian atau semua sumber cahaya(cahaya matahari) dikaburkan oleh benda langit yang menutupi datangnya cahaya matahari. Jika terjadi pada gerhana matahari maka benda langit yang dimaksud adalah bulan sedang jika hal itu terjadi pada gerhana bulan maka benda langit yang dimaksud adalah bumi. Seorang pengamat yang berada diwilayah penumbra sepenuhnya akan melihat peristiwa gerhana parsial. Kata penumbra berasal dari bahasa latin yaitu paene yang artinya "Hampir, nyaris" dan umbra yang artinya "Bayangan"
- Synonyms: Penumbral
PERIHELION -  titik terdekat dalam garis edar suatu benda angkasa mengelilingi Matahari. Kebalikan dari Perihelion adalah Aphelion.
- Synonyms: Crab Nebula
PERSEUS -  Sebuah rasi menonjol di langit belahan utara. Namanya diambil dari seorang pahlawan mitologi Yunani.
- Synonyms: Crab Nebula
PISCES -  Suatu rasi zodiak, terletak di daerah khatulistiwa langit. Matahari melewati rasi ini dari pertengahan Maret hingga pertengahan April. Matahari berada di Pisces ketika ia bergerak ke utara melintas khatulistiwa langit, menandai awal musim semi Belahan Utara (ekuinoks semi).
- Synonyms: Crab Nebula
PROPER MOTION -  Perubahan kecil dalam posisi bintang selama jangka waktu tertentu. Perubahan tersebut disebabkan oleh gerakannya dalam antariksa. Gerak diri bintang tidak dapat terlihat oleh mata telanjang. Ia dapat diukur pada gambar-foto skala besar yang diambil dengan teleskop selama bertahun-tahun. Gerak diri bintang pada akhirnya akan mengubah pola rasi yang sudah dikenal. Bintang dengan gerak diri terbesar adalah Bintang Barnard. Selama jangka waktu 180 tahun berubah posisinya sebesar diameter tampak bulan.
- Synonyms: Main Sequence
RASI CRUX -  Nama lain dari rasi Gubuk penceng, rasi ikan pari, rasi layang-layang dan rasi salib selatan
- Synonyms: RasiCrux
- Synonyms: RasiCrux
Red Shift -  suatu pemanjangan panjang gelombang cahaya yang diterima dari benda yang menjauh, disebabkan oleh Efek Doppler. Derajat pergeseran merah mengungkapkan kecepatan gerak benda tersebut. Penemuan pergeseran merah dalam cahaya dari galaksi jauh mengungkapkan bahwa alam semesta sebenarnya mengembang.
Sinus -  Teluk
Sinus -  Teluk
- Synonyms: Declinasi, Dec, Declination
SPEKTROFOTOMETRI -  Pengukuran kuantitatif terhadap sifat refleksi atau transmisi sifat materi sebagai fungsi dari panjang gelombang
- Synonyms: Spectrophotometry
- Synonyms: Spectrophotometry
SPEKTROSKOPI -  Ilmu yang mempelajari interaksi antara materi dan energi radiasi
- Synonyms: Spectroscopy
- Synonyms: Spectroscopy
Tahun cahaya -  Satuan jarak yang ditempuh cahaya selama satu tahun di bumi
Tahun cahaya -  Satuan jarak yang ditempuh cahaya selama satu tahun di bumi
- Synonyms: eccentricity, Eksentritas
UMBRA -  Bagian terdalam dan tergelap dalam sebuah bayangan (gerhana) dimana sumber cahaya sepenuhnya tertutup oleh benda langit. Jika terjadi pada gerhana matahari maka benda langit yang dimaksud adalah bulan sedang jika hal itu terjadi pada gerhana bulan maka benda langit yang dimaksud adalah bumi. Seorang pengamat yang berada diwilayah umbra sepenuhnya akan melihat peristiwa gerhana total. Kata umbra berasal dari bahasa latin yang artinya Bayangan
Zodiak -  Rasi bintang yang terletak di garis ekliptika
Zodiak -  Rasi bintang yang terletak di garis ekliptika

Istilah tidak ditemukan???

Anda tidak menemukan istilah yang anda inginkan? Ketik istilah yang anda cari dan klik “Kirim Istilah” agar redaksi kami membantu menemukannya.
—————————————————————————————————————————————-