Cak Mat Edisi Gerhana : Gerhana Matahari Sebagian di Surabaya

Laporan kegiatan Surabaya Astronomy Club

 

Event : Cak Mat Edisi Gerhana : Gerhana Matahari Sebagian

Waktu : 9 Mei pk 22:00 s/d 10 Mei pk: 07:00

Tempat: Kenpark

Jumlah peserta : 41 org ( 32 org cak ning SAC dan 9 org kakak2 Earth Hour 60+)

Piranti pendukung:

1.Tiga (3) Teleskop

2. Dua (2) binokuler

3. Bbrp.HP (dengan app. penunjang pengamatan astronomi)

4. camera digital

5. Lima (5) kaca mata filter matahari

6. Satu (1) kaca mata dilapisi klise film

7. Bbrp.Klise film

8. Filter Handmade kaca las

9. Pinhole

Notes

Gerhana Matahari ini akan bersifat sebagian, tak semua bagian matahari tertutup bayangan Bulan. Menariknya, fenomena alam ini hanya bisa disaksikan di Indonesia, Filipina, Australia dan kawasan Samudera Pasifik pada saat Matahari terbit. Sebenarnya, gerhana Matahari ini masih rangkaian fenomena alam dari gerhana Bulan pada 26 April 2013. Karena gerhana Matahari terjadi saat di bawah ufuk, maka tak perlu alat bantu untuk melihatnya. Cukup dengan mata telanjang.

Jadi gerhana sudah terjadi ketika pagi belum muncul, tapi syukurlah masih kebagian, krn gerhana akan msh berlangsung hingga sekitar pk 7 pagi, sebenarnya tetap butuh alat bantu filter krn ketika matahari sudah 5 drajat itu saja sdh cukup menyilaukan. memang pas matahari baru muncul biasanya kita msh bisa melihatnya dgn nyaman krn kerapatan atmosfer di ufuk memfilternya secara alami. tp itu berlaku tepat baru sunrise saja.

credit : Cak Enggar

Kronologi kegiatan :

Walau jam berkumpul udh ditetapkan pkl. 10 malam, ternyata baru krg lbh pkl. 12 mlm smua cak ning SAC dan tamu spesial kita di event kali ini kakak2 dari kepanitiaan Earth Hour, kami langsung menuju warung untuk ngopi2, ngeteh2, milo2, hingga jam 1 pagi saat akan menuju anjungan Kenpark, tiba2 hujan turun dgn manis nya, akhirnya kami terperangkap di warkop hingga Pkl. 3 pagi saat hujan berhenti.

Saat menunggu hujan reda, kami saling ngobrol dan tukar pengalaman dgn sesama cak ning SAC dan dgn kakak2 EH 60+, ada yg main game dan dengerin musik di HP nya, ada yg ntn film di laptopnya, ada yg main UNO, ada yg berfoto ria, dan kita adakan games cak ning terfavorit di SAC, yg terpilih sbg cak terfavorit adalah cak Dani, ning favorit adalah ning Wanti, dan cak terfavorit dari kakak2 EH 60+ adalah kakak Yudit, dan ada yg berulang tahun loh di tgl 10 mei, yaitu cak Afany, smua yg favorit dan yg berultah mendapat kado seru2an, ga mahal sih, tp pst sangat berkesan.

Para laskar teropong yag bersiap memantau gerhana

Pkl. 3 pagi krn ujan udh reda dan *diusir secara halus* juga oleh ibu pemilik warung ( dgn mematikan lampu warung, hahaha ) dan stlh bendahara membereskan tagihan2 kopi dan teh dan milo, cak dan ning bergerak ke anjungan Kenpark, ada yg melihat Fireball, meteor, smua teriak2 dan tepuk tangan kegirangan, walau yg liat ga smua, berdasarkan investigasi dan pengakuan cak dan ning, ada 6 meteor yg terlihat pagi itu.walau ujan udh reda tapi cuaca masih mendukung, mendung merata sampai Pkl. 5.an, cak ning m

ulai mempersiapkan diri menyambut si gerhana matahari sebagian, dgn memakai kacamata filter, ada yg memakai klise film, handmade dari kaca las, pinhole, kacamata yg ditempeli klise, dst.

Di sela2 cuaca yg kurang bersahabat, pdhl kita smua senang bersahabat dgn alam, cak dan ning berkonsentrasi melihat dan foto2 gerhana matahari, dan….ga lupa deh bernarsis ria dgn foto2an, baik saat kedatangan, selama event, dan saat event akan berakhir, spt yg udh cak ning lihat hasil foto2 nya, dan ga lupa jg, bbrp anggota baru yg tampil gagah berani walau kita plonco besar2an, hahaha.

Dan pagi hari Pkl. 5 sampai Pkl. 6 pagi berdatangan 6 cak ning lg, dan tamu istimewa jg cak ari yg asli org surabaya tp kerja di kupang NTT, yg teman dari cak Yudhiakto, akhirnya walau cuma sebentar cak ning bisa jg melihat gerhana matahari, dan seiring dgn waktu yg makin terasa makin panas krn matahari udh muncul dari peraduan nya, akhir nya usailah event kali ini dgn misi cangkruk dan mengamati gerhana matahari sebagian.

Koordinator event: Niza Niizza

 

Para punggawa SAC dan Earth Hour Surabaya

 

Muchammad Thoyib As

Koordinator Anggota Surabaya Astronomi Club

Leave a Reply