Cak Mat Edisi Bulan: Supermoon

Event : Cak Mat Edisi Bulan: Supermoon

Waktu: 23 Juni 2013 / 18:00 – 22:20 WIB

Tempat : Taman Apsari, Jl. Gubernur Suryo – Surabaya

Jumlah peserta : 11 orang anggota SAC + dapat 13 orang anggota baru yang gabung malam itu juga + puluhan warga masyarakat

Piranti pendukung:
5 Teleskop (4 Refraktor, 1 reflektor)
1 DSLR
2 Camdig
3 Sky Map – phone

Alhamdulillaah.. Acara pengamatan yang diadakan di Taman Apsari Jl. Gubernur Suryo kali ini Sungguh Luar biasa !!
Apanya yang luar biasa ?

1. Luar biasa bulannya, besar, terang, cerah, super.

Cak Ning SAC bersama wisatawan asing yang ikut mengintip Supermoon

2. Luar biasa semangatnya Cak/Ning SAC, walau diawali dengan mendung hitam pekat tapi teleskop tetep dirakit, Bresss !!! begitu semua teleskop selesai dirakit, hujan gede mengguyur dengan lebatnya –> langsung evakuasi di gedung Kantor Pos sambil menikmati hangatnya ‘welcome drink’ di warung kopi. Namun sepertinya doa Cak/Ning pada dikabulkan, hujan segera berhenti dan mendung menyingkir dan memperlihatkan indahnya langit berlampu bintang dan bulan purnama –> Dan..teleskop-teleskoppun kembali dipasang di lokasi pengamatan.

3. Luar biasa ‘Pesertanya’, antusiasme warga masyarakat untuk melihat bulan dan bintang serta planet Saturnus sangat tinggi, ada pedagang, keluarga yang lagi rekreasi, ce-co yang lagi ‘jalan’ serta komunitas lain yang sudah berada di TA dan kemudian ikut gabung pengamatan, maupun para pengguna jalan yang melintas depan TA yang keudian menepi dan ikut ngamat. Hal ini tak lepas dari keramahan dan kegigihan para anggota SAC dalam ber ‘Among Tamu’ meperkenalkan dan mempersilahkan khalayak mencoba neropong bulan.

 

Supermon yang diabadikan oleh cak/ning
Para Laskar Teropong Surabaya Astronomy Club

Reporter + Koordinator : Cak Adam Nurhadi

 

Muchammad Thoyib As

Koordinator Anggota Surabaya Astronomi Club

Leave a Reply