Bintang pagi hari yang cerah itu ternyata sebuah planet

Pengamatan Langit

Tampak sebuah bintang bersinar cukup cerah sebelum fajar menyinari bumi. Itu bukan lah bintang tapi planet. Dilangit, planet dan bintang seakan tidak ada bedanya. Mereka sama-sama nya memancarkan cahaya. Namun jika kita amati maka akan tampak keganjilan antara planet dan bintang. Coba saja kita melihat bintang di dilangit malam yang cerah seolah mereka berkelip-kelip memancarkan cahayanya. Ada yang berwarna biru, merah, merah kekuning-kuningan dan ada pula yang berwarna putih. Kemudian kita lihat satelit bumi kita yaitu bulan. Bulan juga selalu bercahaya. Eits jangan salah, bulan tidak memancarkan cahaya melainkan memantulkan cahaya yang berasal dari matahari sehingga cahaya bulan tidak pernah berkelip-kelip layak nya seperti sebuah bintang. Lantas bagaimana dengan planet? Planet sama hal nya seperti bulan. Ia hanya memantulkan cahaya yang berasal dari matahari. Planet-planet yang dapat diamati dengan mata telanjang antara lain merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter dan saturnus. Uranus dan neptunus tidak dapat terlihat oleh mata telanjang karena selain jarak nya yang jauh, cahaya yang ditangkap oleh mata kita sangat kecil sehingga hanya dapat diamati dengan teleskop.

Ada sebuah planet yang akan tampak cerah dipagi hari dari awal desember ini hingga pertengahan tahun 2011. Ya, Si bintang kejora atau Planet Venus. Ia akan bercahaya menghiasi langit pagi hingga tanggal 1 Juli 2011. Planet Venus akan nampak seperti sebuah bintang dengan cahaya yang sangat terang berwarna sedikit kekuning-kuningan. Dalam perjalanan nya hingga pertengahan tahun 2011 “Si Bintang Kejora” ini tidak sendiri mewarnai langit di pagi hari, Ia akan di temani oleh planet-planet lain nya yang saling silih berganti. Mulai dari desember oleh Saturnus, Januari oleh merkurius, April oleh mars dan Mei oleh dua planet yaitu merkurius dan jupiter.

Venus dan Saturnus di bulan Desember 2010
Venus dan Merkurius di bulan Januari 2011

Venus dan Mars di bulan April 2011
Venus, Mars, Merkurius dan Jupiter

Dulu saat saya masih kecil ada sebuah statement yang mengatakan bahwa “Planet yang tampak di pagi hari adalah planet venus”. Pernyataan ini tidak sepenuh nya benar, karena ada kalanya planet venus bersinar tidak di pagi hari melainkan di sore hari. Seperti tahun 2010 dari bulan maret hingga akhir oktober planet venus tampak setelah matahari terbenam diarah barat. Planet yang berurutkan nomor dua dari sistem tata surya ini diameter nya tidaklah sebesar bumi dan mars. Namun Venus merupakan planet yang mempunyai jarak terdekat dengan bumi daripada mars yaitu sekitar 41.600.000 KM sehingga penampakan nya dilangit sangat cerah meskipun dengan bentuk planet nya yang kecil.

Planet Venus tampak di sorehari setelah matahari terbenam