Sunday Aug 31, 2014

BimaSakti 12 / II / 2014

Assalamualaikum wr wb…

Tahun 2014 telah berjalan selama satu bulan. Peristiwa-peristiwa astronomis baik fenomena alam maupun prestasi penjelajahan manusia keluar angkasa akan segera terukir kembali di tahun 2014. Beragam fenomena astronomi seperti hujan meteor, gerhana, konjungsi, oposisi planet, ekuinoks maupun solstice hingga kemungkinan sebuah komet yang dikabarkan menabrak planet mars akan menjadi peristiwa langit yang masuk dalam pengamatan langit dibulan-bulan kedepan. Dibulan Mei 2014 sebuah hujan meteor yang tak biasanya ada dalam daftar kalender hujan meteor akan mewarnai langit. Sekalinya saat itu baru kali pertamanya tampak dilangit, hujan meteor yang memiliki rasi Camelopardalis ini akan menyuguhkan intensitas meteor yang sangat tinggi yakni sekitar 100 hingga 400 meteor dalam setiap jamnya. Sebuah pertanyaan muncul, darimanakah sumber atau asal muasal hujan meteor ini sehingga mampu menyuguhkan banyaknya intensitas meteor? Tak hanya itu saja fenomena komet yang dikabarkan akan menghantam planet mars telah beredar. Benarkah demikian akan ada komet yang menabrak permukaan planet mars ataukah ini hanyalah beri bohong semata?

BIMA SAKTI edisi kali ini mengambil tema tentang Peristiwa langit ditahun 2014 dan mencoba mengulasnya lebih dalam bagaimana peristiwa-peristiwa langit tersebut dapat terjadi serta kapan dan waktunya. Tidak hanya itu saja, pembahasan seputar prestasi penjelajahan luar angkasa oleh India dan gabungan agen antariksa eropa yaitu ESA juga dibahas dalam satu rubrik. Dalam beberapa rubrik selanjutnya BIMA SAKTI akan menampilkan bahasan tentang bagaimana sebuah bintang mampu terlahir di pedalaman angkasa luar serta bagaimana sebuah satelit mampu mengorbit bumi sehingga ia tidak jatuh kebumi maupun terlempar keluar angkasa.

BIMA SAKTI sebagai majalah elektronik media informasi astronomi indonesia kembali mengajak para pembaca untuk turut berpartisipasi dalam menambah khazanah pengetahuan langit dan bumi dalam wujud tulisan, karya fotografi maupun donasi. Partisipasi tulisan dan foto dapat dikirimkan ke alamat redaksibimasakti@gmail.com. Akhir kata, selamat membaca BIMA SAKTI edisi ini dan salam astronomi Indonesia.

Wassalamualaikum wr wb…

Redaksi

Cover Bimasakti

Bimasakti 12 - II 2014 (2.9 MiB, 1037 downloads)

2 Comments

Comments -49 - 0 of 2First« PrevNext »Last
  1. semoga majalah bima sakti selalu rilis tiap bulannya,, :-D

  2. saya baru tau ini, langsyng download ah..
    semoga bisa rilis tiap bulan ini…

Comments -49 - 0 of 2First« PrevNext »Last

Leave a Reply