Bimasakti 11 / II / 2014

Assalamualaikum wr wb…

 

Pembaca yang terhormat,

Pembaca yang terhormat, Dalam edisi kali ini majalah elektronik BIMA SAKTI hadir di hadapan anda selang kosong satu bulan yaitu pada desember dan langsung masuk terbit pada Januari 2014. Ada banyak faktor yang memicunya. Namun yang utama adalah kami ingin menyajikan liputan komprehensif dan mendalam terkait sejumlah peristiwa langit yang justru terjadi pada awal bulan ini, seperti kehancuran yang dialami komet ISON, ledakan bintang di rasi Centaurus dan tak lupa pula informasi paling menghebohkan: saat Cina mendaratkan robot penjelajahnya di Bulan.

BIMA SAKTI edisi kali ini mencoba bertitik berat pada bagaimana sistem penanggalan terpopuler, yakni kalender Gregorian atau yang lebih kita kenal sebagai kalender Masehi (meski penamaan ini tak tepat) bekerja. Khususnya semenjak reformasi Gregorian hampir lima abad silam. Sekaligus bagaimana tantangan-tantangan yang dihadapinya di masa kini, sebab ternyata kalender ini pun menjumpai berbagai benturan saat berhadapan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi modern terutama terkait problem kabisat dan garis tanggal. Pembahasan-pembahasan tersebut kami sajikan dalam lebih dari separuh rubrik BIMA SAKTI edisi ini.

Selain itu BIMA SAKTI juga mengulas lebih lanjut apa yang dialami oleh komet ISON saat tiba di perihelionnya dan bagaimana Indonesia mendapatkan kesempatan unik untuk berpartisipasi dalam pengamatan komet ini sebelum ia hancur-lebur. BIMA SAKTI pun menelaah ledakan bintang yang terjadi di rasi Centaurus, yang merupakan ledakan bintang paling benderang dalam abad oini, untuk sementara. Terkait wahana antariksa BIMA SAKTI juga menyajikan liputan bagaimana robot penjelajah milik Cina mendarat di Bulan.

BIMA SAKTI sebagai majalah elektronik media informasi astronomi indonesia kembali mengajak para pembaca untuk turut berpartisipasi dalam menambah khazanah pengetahuan langitย  dan bumi dalam wujud tulisan, karya fotografi maupun donasi. Partisipasi tulisan dan foto dapat dikirimkan ke alamat [email protected]. Akhir kata, selamat membaca BIMA SAKTI edisi ini dan salam astronomi Indonesia

 

Wassalamualaikum wr wb…

 

Redaksi

Cover

Bimasakti 11 - II 2014 (2.3 MiB, 731 downloads)

3 thoughts on “Bimasakti 11 / II / 2014

  • 03/01/2014 at 7:01 PM
    Permalink

    wah sudah terbit. saya pelanggan setia majalah bima sakti lho kak! ^^
    hmm kalau boleh tau, kenapa majalah bimasakti tidak diterbitkan saja jadi hardcopy? ๐Ÿ˜€ trimakasih kak

    • 05/01/2014 at 3:10 AM
      Permalink

      terimakasih juga mei atas pertanyaanya. Kenapa majalah bimasakti belum diterbitkan dalam bentuk hardcopy karena proses dari pengerja’an serta pencetakan majalah cukup memakan waktu yang cukup lama terlebih pada proses pengerjaannya. Insyaalloh kedepan kami akan pertimbangkan untuk terbit dalam bentuk hardcopy. ๐Ÿ™‚

Leave a Reply