Astroday JAC bersama CASAC

Empat hari berturut-turut Jogja Astro Club bersama CASAC yang menjadi club astronomi bimbingan nya mengadakan acara Astroday sekaligus berpartisipasi dalam pameran Potensi Daerah dan Gelar Budaya Kabupaten Sleman. Acara berlangsung dari hari Jumat 28 April hingga senin malam 30 April 2012. Jalannya acara astroday ini berlangsung sangat meriah mulai dari peluncuran roket air, peneropongan permukaan matahari, peneropongan permukaan bulan hingga pameran buku-buku astronomi.



Beberapa peralatan di suguhkan kepada para pengunjung untuk mengamati langit siang dan malam. Saat siang hari pengunjung disuguhkan dengan teleskop yang dapat melihat permukaan matahari beserta bintik mataharinya tak hanya itu saja kacamata matahari juga disediakan bagi pengunjung yang ingin melihat matahari dengan mata telanjang. Ketika malam tiba pengunjung di sajikan dengan penampakan kawah-kawah bulan yang berukuran besar dan beberapa planet seperti venus, mars dan saturnus. Antusiasme pengunjung terhadap langit ternyata cukup besar. Meskipun mereka kebanyakan tidak tahu astronomi bahkan sampai salah sebut teleskop menjadi stetoskop, keinginan mengenal langit tidak dapat dipungkiri. Hal ini sangat terlihat saat pengunjung berantri untuk melihat permukaan bulan saat senja. Sebagian besar pengunjung adalah anak-anak SD hingga SMA namun ada juga dari kaka-kaka dari angkatan laut yang ternyata pingin tau juga tentang apa itu astronomi.

 

Astroday tahun ini memang spesial karena selain kita dapat berpartisipasi penuh dengan masyarakat, pembelajaran astronomi ke masyarakat ternyata dapat tersalurkan dengan baik. Saat pengunjung datang ke stand, pengunjung diberikan brosur Tatasurya dan satu persatu mereka pun menanyakan tentang apa itu tatasurya dan planet-planet nya. Disisi lain peralatan yang kami bawa boleh dibilang sangat lengkap. Mulai dari teleskop yang berfungsi sebagai alat untuk pengamatan benda langit, kacamata matahari, binokular hingga macam-macam kompas yang dapat kita gunakan untuk mengetahui arah. Poster-poster berisikan nuansa astronomi pun ikut menghiasi dinding-dinding disekitar stand JAC CASAC. Besarnya potensi masyarakat untuk mengenal langit membuat kami semakin bersemangat untuk membumikan astronomi khusus nya di daerah Yogyakarta. Apa itu matahari, bulan, galaksi dan alam semesta membuat mereka seolah ingin sekali mengenal lebih jauh. Sebuah kepuasan tersendiri bagi kami semua dapat memperkenalkan astronomi dan melayani mereka dalam mengenal langit khusus nya di masyarakat kabupaten sleman. Harapan kami semoga dilain kesempatan kita dapat berjumpa lagi dalam pengenalan langit yang lebih antraktif dan interaktif.

Galeri Foto

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply