Artikel Referensi dan Artikel Berita

Hai sahabat KA, gimana kabar kalian? Semoga selalu sehat dan selalu semangat menikmati langit malam ya. Sejak dua bulan yang lalu redaksi Kafe Astronomi.com sempat mengalami off dan tidak mengepos satupun informasi. Dalam kekosongan waktu tersebut redaksi banyak mereview dan mengevaluasi seputar website Kafe Astronomi.com agar kedepannya lebih baik dan dapat menyuguhkan informasi secara menarik, mendidik dan terpercaya. Agar hal tersebut dapat terealisasi dengan baik, kami mencoba berbenah dan menghasilkan beberapa ketentuan baru. satu diantaranya adalah penggolongan artikel pada web Kafe Astronomi.com kedalam dua jenis yaitu artikel referensi dan artikel berita. Apa itu?

Artikel referensi merupakan artikel rujukan yang ditulis berdasarkan sumber-sumber yang dapat dipertanggung jawabkan kontennya. Sumber dapat diambil dari buku, jurnal penelitian, buku elektronik(ebook) maupun website rujukan yang dapat dipercaya keabsahannya. Selain itu kualitas dari artikel referensi adalah up to date dengan informasi-informasi maupun hasil penelitian terkini. Untuk menjaga kualitas informasi tersebut maka artikel referensi bersifat dapat direvisi oleh penulis maupun redaksi. Revisi dilakukan bilamana pada pembahasan topik yang terkait terdapat informasi-informasi terbaru. Pembaharuan artikel atau revisi akan selalu mencantumkan tanggal terakhir artikel direvisi pada akhir artikel sehingga pembaca dapat dengan mudah mengetahui kapan revisi terakhir dilakukan pada tulisan tersebut. Tidak menutup kemungkinan bilamana artikel referensi di revisi karena sejauh ini terdapat banyak sekali perkembangan dalam ilmu astronomi seiring banyaknya penelitian-penelitian yang dilakukan. Agar pembaca dapat membedakan mana artikel referensi dan yang bukan artikel referensi, terhitung mulai tahun 2017 redaksi Kafe Astronomi.com akan memberikan identitas artikel referensi dengan kode [Referensi] yang ditulis sebelum paragraf pertama artikel referensi. Jadi jika sahabat KA menemukan artikel yang memiliki kode [Referensi] maka ingatlah bahwa artikel tersebut merupakan artikel referensi yang kontennya benar-benar dapat dipertanggung jawabkan dan tentunya akan diupdate bilamana terdapat update informasi terbaru.

Jenis artikel selanjutnya adalah artikel berita, artikel berita merupakan artikel informasi yang membahas seputar peristiwa astronomis, review atau ulasan, laporan hasil penelitian maupun pembahasan suatu topik yang sedang hangat di masyarakat. Selain itu artikel berita dapat berupa hasil terjemahan dari situs penyedia berita astronomi yang kontennya dapat dipertanggung jawabkan. Jika artikel referensi dapat direvisi/diperbaharui maka artikel berita bersifat tidak dapat diperbaharui. Artikel berita merupakan artikel yang hanya dapat diposting saja dan setelah posting berita tidak dapat di revisi layaknya artikel referensi. Hal tersebut dilakukan agar kualitas berita yang disajikan dapat dipertanggung jawabkan. Setiap artikel berita dapat mencantumkan sumber berita maupun referensi yang digunakan untuk menulis artikel berita tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan terdapat banyak referensi yang dapat di rujuk pembaca bilamana berita yang disajikan kurang jelas maupun pembaca berkeinginan untuk membaca terkait informasi/berita lebih lanjut. Artikel berita tidak memiliki identitas layaknya artikel referensi sehingga jika sahabat KA menemukan artikel yang tidak memiliki identitas/kode maka artikel tersebut adalah artikel berita.

Begitu sahabat KA informasi yang kami beritahukan sementara ini. Semoga dengan adanya perubahan ini Kafe Astronomi.com dapat memberikan informasi astronomi dengan sebaik-baiknya dan dapat berpartisipasi dalam menyebarluaskan serta membumikan astronomi di negara tercinta Indonesia. Salam Astronomi…

Leave a Reply