Aplikasi Prakiraan Cuaca – AccuWeather

Musim penghujan telah tiba. Prakiraan cuaca menjadi senjata andalan bagi para pengamat langit. “Nanti malam langit cerah nggak ya?” Begitulah pertanyaan yang muncul saat menjelang pengamatan langit malam. Keragu-raguan akan pengamatan langit mulai mewarnai hati saat pertanyaan tentang cuaca muncul. Namun sebuah solusi baru muncul untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jawaban datang dari sebuah aplikasi smartphone dan PC tablet. Ya, sebuah aplikasi prakiraan cuaca realtime.

Sebutlah namanya AccuWeather. Aplikasi prakiraan cuaca kepercayaan Samsung ini menjadi aplikasi prakiraan cuaca yang berkerja secara realtime dan dapat memprediksi cuaca mulai dari hitungan jam hingga dalam beberapa hari kedepan. Dengan menggunakan fasilitas GPS dan jaringan internet yang ada pada smartphone maupun tablet, dalam beberapa saat AccuWeather akan mulai bekerja mencari lokasi anda berada dan mulai memperkirakan cuaca berdasarkan data-data yang diperoleh dari satelit cuaca. Tak hanya satu tempat AccuWeather mampu memprediksi cuaca, dalam aplikasi ini anda diberikan kemudahan untuk mengetahui prediksi cuaca dibeberapa wilayah lainnya.



Fitur AccuWeather sangat lengkap dan realtime. Selain mampu memprakirakan cuaca (hujan, berawan, badai maupun cerah), AccuWeather juga menyediakan data-data seputar index sinar ultraviolet, kelembapan udara, Jarak pandang, kecepatan angin, tekanan udara, suhu udara serta prakiraan suhu sekitar. Pada halaman “Now“, fitur-fitur yang disajikan dalam tampilan yang sangat ramah pengguna atau user friendly. Prakiraan cuaca terkini digambarkan dengan icon latar belakang sesuai prediksi cuaca terkini. Suhu udara ditampilkan serta data-data seperti index UV, tekanan udara dsb ikut melengkapi fitur halaman “Now” dalam memprediksi cuaca terkini.

Tampilan halaman utama pada AccuWeather. Sumber : AccuWeather 2014.
Tampilan halaman utama pada AccuWeather. Sumber : AccuWeather 2014.

Naik turunnya suhu udara serta prediksi cuaca dalam beberapa jam kedepan hingga beberapa hari kedepan juga ditampilkan dalam halaman “Hourly” dan “Daily.” Dengan dilengkapi Icon cuaca dan prakiraan suhu udara maka aplikasi AccuWeather menjadi aplikasi prakiraan cuaca penting yang harus terinstall pada gadget seorang pengamat langit seperti anda.

Halaman "Hourly" menampilkan prakiraan cuaca berdasarkan jam. Sumber : AccuWeather 2014.
Halaman “Hourly” menampilkan prakiraan cuaca berdasarkan jam. Sumber : AccuWeather 2014.
Halaman "Daily" menampilkan predisksi cuaca berdasarkan hari. Sumber : AccuWeather 2014.
Halaman “Daily” menampilkan prakiraan cuaca berdasarkan hari. Sumber : AccuWeather 2014.

Cara Menggunakan AccuWeather untuk pengamatan langit.
Tak kenal maka tak faham, itulah kalimat yang muncul dibenak saya saat memandang tampilan awal AccuWeather. Saat pertama memandang halaman utama AccuWeather buyarlah pikiran saya sambil bertanya-tanya dengan arti istilah pada fitur-fitur data yang diberikan dan sebagai seorang astronom amatir bagaimana AccuWeather dapat membantu saya memprakirakan cuaca? Sebelum membahas lebih lanjut, amati gambar tampilan AccuWeather berikut keterangannya dibawah ini.

Tampilan halaman utama AccuWeather dan keterangannya. Sumber : AccuWeather 2014 dan label oleh Eko Hadi G.
Tampilan halaman utama AccuWeather dan keterangannya. Sumber : AccuWeather 2014 dan label oleh Eko Hadi G.

Pada tampilan utama AccuWeather, hal yang paling ditonjolkan adalah prakiraan cuaca yang digambarkan dengan latar belakang icon kondisi prakiraan cuaca dengan dilengkapi prakiraan suhu udara saat ini. Kemudian dibagian bawah juga ditampilkan keterangan status prakiraan cuaca (seperti Berawan(Cloudy), Cerah(Clear) maupun badai(Thunderstorm)) serta prakiraan suhu yang dirasakan oleh lingkungan sekitar.

Setelah Keterangan singkat seputar prakiraan cuaca terkini ditampilkan oleh AccuWeather, pada bagian selanjutnya AccuWeather memberikan fitur-fitur data dimana bagi kita sebagai seorang pengamat langit maupun astronom amatir sangat membantu guna memprediksi kondisi langit. Secara sederhana beberapa fitur data yang kita butuhkan pada AccuWeather adalah Kelembapan udara(Humidity) dan jarak pandang(Visibility).

Berdasarkan pengamatan langit yang pernah kami lakukan baik dimusim kemarau maupun dimusim penghujan, kabut menjadi masalah bagi kami saat pengamatan langit. Adanya kabut membuat penampakan bintang-bintang dilangit menjadi kabur dan tidak jelas. Beberapa objek yang nampak pada teleskop cenderung “outfocus.” Mengulas bagaimana terjadinya kabut, kabut dapat terjadi saat kelembapan udara semakin tinggi sedang suhu udara semakin rendah. Dengan adanya fitur kelembapan udara (humidity) pada AccuWeather maka dengan mudah kita akan dapat memprediksi keberadaan kabut yang akan mempengaruhi pengamatan langit. Semakin tinggi angka kelembapan udara maka potensi terbentuknya kabut dilangit semakin besar. Selain itu, Visibility atau jarak pandang antara mata dengan benda langit diatas atmosfer juga sangat mempengaruhi kesuksesan kita saat pengamatan langit. Dengan adanya fitur data Visibility pada AccuWeather maka dengan mudah kita dapat menyimpulkan sejauh mana mata memandang keatas. Semakin besar angka Visibility maka semakin cerah kondisi langit dan semakin mudah anda saat melihat benda langit.



Setelah mengulas tentang AccuWeather hingga cara menggunakannya, anda tertarik untuk memasang AccuWeather pada gadget anda? Untuk mendapatkannya sangat mudah, AccuWeather dapat anda pasang pada smartphone maupun tablet PC anda. AccuWeather tersedia dalam berbagai OS seperti android, windows phone, blackberry dan AppStore. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Have a perfect skygazing!

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : [email protected] Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply