Aplikasi Peta langit untuk HP

Peta bintang merupakan salah satu gadget yang harus di miliki oleh para astronom amatir baik pemula maupun yang “hanya” suka langit. Dengan peta bintang, kita akan dipandu mengenali rasi-rasi bintang dilangit. Mulai dari rasi yang mempunyai wilayah luas hingga yang sempit. Peta bintang biasa nya dibuat dengan menggunakan kertas atau plastik tebal yang berbentuk bulat. Kini semakin majunya perkembangan zaman dan era digitalisasi, peta bintang yang terbuat dari kertas maupun plastik sudah mulai ditinggalkan berganti menggunakan Aplikasi Peta Bintang yang dapat terinstall di HP, Smart Mobile maupun komputer. Selain praktis untuk dibawa-bawa, aplikasi peta juga memberikan data-data yang lebih akurat dari rasi dan bintang.

Aplikasi peta bintang pada HP dapat kita dapatkan di dunia maya. Jumlah nya sangat banyak dari puluhan hingga ratusan. Mulai dari yang berlicense opensource (Free) hingga CloseSource (membayar). Aplikasi-aplikasi yang berbasiskan close source biasa nya memberikan fasilitas yang lebih dibandingkan aplikasi yang berbasiskan opensource seperti data lebih akurat dan Art COnstellation atau gambar dari rasi bintang. Sideralis dan google sky map merupakan salah satu diantara aplikasi-aplikasi HP/Mobile yang berbasiskan opensource. Eits jangan salah! Meskipun aplikasi ini merupakan aplikasi opensource, aplikasi ini juga mempunyai kelebihan-kelebihan yang ada seperti pada aplikasi berbasiskan CloseSource.

Dengan berbasiskan JAVA, Sideralis dengan mudah nya dapat di install di handphone maupun smart mobile. Kapasitas nya yang relatif kecil (kurang dari 1 MB), Sideralis cukup mumpuni untuk membantu skygazing dan mengenali rasi-rasi bintang yang ada. Salah satu kelebihan dari Sideralis adalah kemampuan nya untuk memberikan data dan story dari konstelasi/Rasi bintang. Dilihat dari Segi interface dan grafis, sideralis memang tidak menuntut resource grafis yang cukup tinggi. Dibandingkan astronavigator dan google sky map, Grafik Sideralis memang kalah jauh. Dari segi data, sideralis juga memberikan data bintang dan tingkat kecerahan langit yang relatif akurat sehingga baik dimana saja anda berada kita dapat mensimulasikan langit yang hampir sama seperti aslinya.

Sideralis

Salah satu aplikasi keluaran google yang satu ini cukup membantu ketika anda ingin mengenali rasi bintang dan benda langit lainnya. Sebutlah namanya google sky map. Google sky map di rilis tahun sekian. Data yang diberikan dari Google SkyMap bisa dibilang cukup lengkap, database yang memuat nama planet, bintang dan objek mesier sudah dapat dikenali dengan aplikasi milik google ini. Tidak hanya itu saja, Google SkyMap juga dapat menampilkan garis horizon dan Grid Line. Mode penjelajahan yang diberikan dari Google Skymap antara lain auto navigation dan manual navigation. Auto Navigation merupakan salah satu fitur yang diberikan oleh google skymap. Dengan mengetikkan nama objek yang anda inginkan(planet jupiter), secara otomatis google skymap akan memberikan lingkaran yang memiliki anak panah yang akan menunjukkan posisi dari objek yang di inginkan. Bintang yang tidak anda kenali dapat anda kenali dengan mngarahkan HP anda ke arah bintang tersebut dan secara otomatis Google Skymap akan memberikan nama dari bintang dan konstelasi bintang tersebut. Bosan dengan auto navigation, manual navigation layak nya stellarium juga dapat anda temukan di Google Skymap. Tiada gading yang tak retak. Google Skymap mempunyai salah satu kekurangan yaitu hanya dapat di install pada HP/SmartMobile yang ber sistem operasi android dan untuk mendapatkan fitur auto navigation, HP harus mempunyai/Support GPS.



Google SkyMap

Gallery Sideralis

Sideralis

Gallery Google SkyMap

Google SkyMap

Referensi Gambar PCMAGS.com & Sideralis

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply