Andromeda dan Satelitnya

Di sekitar tahun 964 seorang astronom persia Abd al-Rahman al-Sufi mendekskripsikan andromeda sebagai “awan kecil” dalam buku nya “Book of Fixed Stars”. 1100 tahun kemudian Charles Messier mengkatalogkan objek awan kecil seperti yang disebutkan dalam buku Abd al-Rahman al-Sufi sebagai Messier 31 atau M31. M31 atau Galaksi Andromeda terletak 2,5 Juta tahun cahaya dari bumi kita dan merupakan salah satu tetangga galaksi kita yang cukup dekat.

Dalam klasifikasi skema hubble, galaksi andromeda memiliki jenis yang sama dengan galaksi kita yaitu galaksi spiral. Mempunyai magnitudo sekitar 3,44 dengan kegelapan malam yang terhindar dari cahaya lampu-lampu kota, Andromeda dapat kita lihat menggunakan binocular 10x pembesaran pada konstelasi andromeda atau dibawah konstelasi pegasus. Dalam foto ini galaksi andromeda berada di tengah dengan pusat galaksi yang sangat terang. Dipojok kiri bawah(lingkaran putih) tampak pula samar-samar sebuah galaksi yang mempunyai nama messier 110. Siapakah M110? M 110 tak lain adalah satelit galaksi dari galaksi andromeda.

 

Astrofotografer : Eko Hadi G
Camera : Canon EOS 350D
Telescope : Vixen VMC 200L with Spinx Mounts
ISO : 1600, Exposure 94 Sec
Taken at Jogja Astro Club Observatory



Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, penelitian seputar etnoastronomi merupakan salah satu kegiatan yang digemarinya di komunitas astronomi Penjelajah Langit. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

One thought on “Andromeda dan Satelitnya

Leave a Reply