7 Hal Tentang Matahari Kita

Matahari

Matahari adalah bintang yang berbentuk bola gas terionisasi menyala di luar angkasa yang menjadi jantung bagi Tata Surya kita. Peran Matahari bagi kehidupan di Bumi sangat vital meski tak banyak manusia tahu akan pentingnya eksistensi Matahari. Inilah 7 hal tentang Matahari yang perlu anda ketahui.

1. Matahari adalah bintang dengan permukaan berbentuk gas terionisasi atau plasma yang tersusun atas 92.1% hidrogen dan 7.8 % helium.

2. Matahari adalah pusat dari Tata Surya dengan Massa Matahari meliputi 99.8% massa Tata Surya.

3. Apabila Matahari berdiameter 108 cm maka diameter Bumi hanya sebesar 1 cm.

4. Permukaan Matahari berbentuk plasma tidak seperti planet. Karenanya, rotasi di wilayah ekuator dan di wilayah kutub memiliki perbedaan waktu rotasi. Di wilayah ekuator Matahari berotasi selama 25 hari* sedang di kedua kutubnya Matahari berotasi selama 36 hari. (*Hari = 1 hari di Bumi)

5. Matahari di orbit oleh 8 planet, 5 planet kerdil, 10 ribu asteroid dan ratusan ribu hingga 3 triliun komet dan bebatuan es luar angkasa.

6. Suhu dipermukaan Matahari mencapai 15 juta derajat Celsius.

7. Jika Matahari tidak lagi memancarkan energinya berupa cahaya Matahari maka diperkirakan Bumi tidak akan lagi memiliki kehidupan didalamnya.

Sumber : http://solarsystem.nasa.gov